Kamis 03 Jul 2014 11:29 WIB

8 Tanda-Tanda Kehamilan (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Ibu Hamil (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ibu Hamil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak wanita menganggap haid yang terlambat merupakan tanda kehamilan. Namun sejatinya masih ada banyak tanda lainnya. 

Berikut pemaparannya dilansir dari Mother and Baby, Kamis (4/7).

1. Payudara lebih sensitif

Jika Anda hamil, Anda akan melihat beberapa perubahan pada payudara Anda. Payudara akan menjadi lebih lembut dari biasa, serta menjadi sangat sensitif. Urat-urat pada payudara Anda akan menonjol. Areola bisa menjadi lebih gelap dan benjolan kecil (montgomery) yang ada di sana  juga menjadi lebih jelas.

2. Pendarahan kecil

Wanita hamil biasanya juga akan mengalami pendarahan kecil, namun bukan haid. Ini dapat terjadi ketika telur yang tiba di dalam rahim Anda dan menyentuh lapisan rahim. Akibatnya, darah akan keluar dan terjadi tepat sebelum jadwal Anda datang bulan. 

Darah ini cenderung kemerahan, namun berubah menjadi kecoklatan dan biasanya hanya terjadi selama satu atau dua hari. Jika darah ini keluar hanya dalam waktu pendek, maka bisa jadi Anda hamil.

3. Indra penciuman super sensitif

Indra penciuman atau hidung Anda lebih sensitif saat membaui sesuatu. Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Bau yang kuat, terutama seperti bau menyeduh kopi atau menggoreng bawang bisa tiba-tiba membuat Anda sakit. Parfum dapat memberikan efek yang sama, dan Anda juga merasakan bau tubuh Anda juga berubah sebagai akibat perubahan dalam kimia kulit Anda.

4. Sering buang air

Secepatnya satu pekan setelah pembuahan, Anda mungkin menemukan diri Anda lebih sering ke toilet dari biasanya. Ini karena embrio mensekresi hormon hCG yang meningkatkan suplai darah ke daerah panggul. Ini akhirnya menganggu kandung kemih dan akhirnya menyebabkan lebih sering buang air kecil dari biasanya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement