Rabu 30 Jan 2013 12:08 WIB

Menemukan Rumah Masa Depan, Seperti Apa?

Rep: Desy Susilawati/Nora Azizah/ Red: Endah Hapsari
Rumah baru/ilustrasi
Foto: blog.rumah.com
Rumah baru/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mencari rumah itu pekerjaan yang gampang tapi susah. Ibarat mencari jodoh, begitu pendapat sejumlah orang. Tak heran jika ada pasangan yang harus menanti bertahun-tahun untuk mendapatkan hunian terbaik. Bagaimana dengan Anda?

Idealnya, setelah menikah, setiap pasangan pindah ke rumah sendiri. Meskipun demikian, ada saja kendala yang merintangi terpenuhinya kebutuhan tersebut. “Pada istri yang merupakan anak bungsu, misalnya, sering kali diminta untuk tetap tinggal di rumah orang tua,” kata konsultan pernikahan Indra Noveldy.

Tak perlu gengsi tinggal bersama orang tua. Dengan berbagi beban pengeluaran, pasangan muda malah bisa menabung. Penghasilannya tak perlu keluar untuk membayar kontrakan.

Menolak permintaan orang tua tidaklah bijak. Pasangan baru sebaiknya melihat situasi dan kondisi sebelum memutuskan membeli rumah sendiri. “Penuhi keinginan orang tua seraya menyiapkan diri, setidaknya sampai lima tahun pertama pernikahan,” saran Indra. Lebih dari lima tahun, pasangan suami istri sangat mungkin menjadi keasyikan dengan kenyamanan tinggal di rumah orang tua. Terlebih, jika orang tua termasuk kalangan berada. “Jadinya seperti nebengfasilitas, tak pusing dengan biaya kebutuhan sehari-hari yang memang sudah ditanggung orang tua,” ungkap Indra.