Kamis 25 Jul 2013 15:16 WIB

Kiat Mendidik Anak Shalat

Bocah belajar shalat/ilustrasi
Foto: AP PHOTO/Manu Brabo
Bocah belajar shalat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mendidik anak-anak menjadi saleh memang tidak mudah. Setiap orangtua pasti mempunyai kiat tersendiri. Demikian pula dengan mantan artis Ida Leman yang kini beralih profesi menjadi perancang busana muslimah. Kiat yang dilakukan Ida Leman boleh ditiru. Sekali anaknya lalai shalat, uang jajan jangan harap sampai ke tangannya. ''Saya hukum dia dengan tidak memberi uang jajan,'' ujar Ida Leman kepada Republika.

Dipilihnya mennyetop uang jajan, karena bagi anak-anak uang jajan itu sangat berarti. Makanya, shock terapi dari 'Mbak Pur' ini lumayan mujarab. Hukuman hasil kesepakatan Ida dan suaminya ini baru bisa diterapkan kepada tiga anaknya. Ida Leman mempunyai tiga orang anak hasil perkawinannya dengan sutradara Irwinsyah (alm), yaitu Mario, Stevani, dan Mauriin. Sedangkan dari suami yang sekarang, Drs H. Agung Wibowo mempunyai seorang putri, Nicole. 

Biasanya, tutur artis kelahiran Padang, Sumbar ini, kalau salah seorang anaknya mendapat hukuman langsung meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Kalau lupa menjalankan shalat baru sekali, Ida pasti memaafkannya. ''Tapi kalau sudah keseringan, nggak ada ampun lagi deh. Stop benar uang jajan,'' katanya.

Sekarang hasil didikan yang ditanamkan ibu empat anak ini mulai terasa. Anak-anaknya rajin shalat, bahkan ia sempat terharu menyaksikan Mauriin dalam keadaan sakit tetap bangun pukul 04.00. Alasan Mauriin mau shalat Isya, karena belum sempat. ''Saya sangat terharu melihatnya,'' kata Ida.

Bagi Ida mendidik anak-anak menjadi sholeh sangat penting. Selama masih hidup Ida dan suaminya bertekad mendidik anak-anak dengan baik. Apalagi lingkungan keluarga Ida yang asli dari Batu Sangkar Sumbar dan suaminya asal Bondowoso sangat mendukung. ''Insya Allah kalau sejak kecil kita tanamkan pendidikan agama dengan baik, mereka tidak akan menyimpang,'' tegasnya mantap. 

 

Ingin gaya seru Anda tampil di Republika Online?

Jangan ragu. Ayo,ungkapkan perasaan Anda mengapa memilih busana seru dan modis itu. Kirimkan cerita seru dan foto terbaik Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement