Rabu 18 Sep 2013 15:08 WIB

Wahai Perempuan, Hargai Diri Sendiri

Red: Endah Hapsari
Muslimah/ilustrasi
Foto: lifeofmuslim.com
Muslimah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut pemilik Lembaga Pendidikan Ratih Sang, Ratih Sang, banyak orang gagal bukan karena tidak memiliki potensi dan kemampuan, melainkan akibat kesalahan konsep diri yang rendah. Cara pandang negatif terhadap diri sendiri, persepsi negatif terhadap orang lain, adalah ciri rendahnya penghargaan pada diri sendiri atau self esteem.

Penghargaan diri yang rendah akan memicu seseorang untuk melakukan dua sikap ekstrem yang merugikan, yaitu sikap pasif dan sikap agresif. Sikap pasif, yaitu sebuah sikap yang tidak tegas dalam melakukan berbagai tindakan akibat adanya rasa takut membuat orang lain tersinggung, merasa diperintah atau digurui yang membuat diri menjadi benci dan merasa dikucilkan.

Sikap agresif yaitu memaksakan gagasan, tidak mau menerima masukan dari orang lain dan cenderung mengundang perdebatan dibandingkan menyelesaikan masalah. Padahal sikap menentang dan mengabaikan ide-ide orang lain berarti menghambat tercapainya keputusan yang tepat dan akurat. Wanita muslimah, kata Ratih, bisa menjadi sosok wanita yang berpotensi, aktif, dinamis, cerdas, modis, sekaligus menjunjung tinggi nilai-nilai Islami. Untuk itu dia harus mempunyai self esteem, kata Ratih.

Penghargaan diri ini merupakan kepercayaan terhadap diri sendiri, kemampuan untuk melihat posisi diri di dunia ini secara realistis dan optimistis, cara pandang positif dan keyakinan diri untuk melakukan sesuatu yang baru, kemampuan untuk menggali dan menerapkan keterampilan dalam perilaku positif, pemahaman bahwa kita berharga bagi diri sendiri dan orang lain. ''Kalau kita percaya diri dengan kemampuan dan selalu berpikir positif, dapat dikatakan kita memiliki potensi untuk lebih maju dan berkembang,'' tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement