Senin 28 Oct 2013 11:18 WIB

Ingin Tambah Anak, Kapan Waktu yang Tepat?

Red: Endah Hapsari
Pasangan Kate Middleton dan Pangeran William bersama bayi mereka
Foto: mailonline
Pasangan Kate Middleton dan Pangeran William bersama bayi mereka

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap pasangan yang telah menikah tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki keturunan. Pemerintah melalui program Keluarga Berencana (KB), menganjurkan setiap pasangan yang menikah cukup memiliki dua anak saja.

Walaupun demikian, banyak pasangan menikah yang ingin memiliki keturunan lebih dari satu anak. Ingat, anak sebagai titipan Yang Maha Kuasa harrus dirawat dengan sebaik-baiknya. Terkadang orang tua yang memiliki banyak anak dengan rentang waktu yang berdekatan membuat orang tua sulit membagi perhatiaannya. 

Menurut dokter spesialis anak, Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K), jeda waktu yang terbaik untuk seorang ibu melahirkan anaknya adalah 2-3 tahun. Mengapa? Berikut penjelasan dr Rinawati:

Untuk Si Ibu

“Ibu juga perlu tampil cantik,” ujar dr Rinawati. Tentu setiap wanita tidak ingin tubuhnya selalu terlihat gendut, maka dari itu perlu waktu jeda 2-3 tahun agar sang ibu bisa memiliki waktu untuk mempercantik penampilannya.

 

Untuk Si Anak

Anak yang masih kecil biasanya ingin mendapatkan perhatian orang tua yang panuh. Anak bisa berontak karena perhatian orang tua yang terbagi. “Usia toodler biasanya masa-masa egois,” ujar dr Rinawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement