Rabu 20 Nov 2013 15:31 WIB

Ajarkan Ini Sejak Anak Berusia Empat Tahun

Red: Endah Hapsari
Ibu bicara pada balita/ilustrasi
Foto: allparenting.com
Ibu bicara pada balita/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berpengalaman atau tidak, orang tua tetap harus memberikan bekal kepada pengasuh, terutama bila anak yang diasuh berusia di bawah empat tahun. Anak usia ini belum mandiri.

Namun, ketika menginjak usia lebih dari empat tahun, psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli menilai pengasuh umumnya tak lagi diperlukan. Saat itu, anak diharapkan sudah mandiri. Bisa mandi sendiri, makan sendiri, memakai sepatu sendiri, dan lainnya. Ketika belum empat tahun, pesankan pada pengasuh untuk mengikuti aturan dan tata cara yang sebelumnya sudah dikomunikasikan orang tua. Vera mengingatkan, orang tua juga bisa melakukan intervensi kepada pengasuh terkait aturan-aturan yang bisa diterapkan peng asuh dalam pola pengasuhannya.

Bagi pengasuh anak usia nol hingga satu tahun, ajarkan cara merawat dan memelihara anak. Contohnya, tentang ASI, pompa ASI, cara memberikan ASI perah, memandikan bayi, hingga menyiapkan dan memberi makanan pendamping ASI.

Beri tahu pula permainan apa yang boleh bagi anak usia tersebut. Termasuk mengajarkan jam tidur bayi, waktu mandi, suhu air saat mandi, juga alat-alat apa saja yang digunakan. Sedangkan, bagi anak usia dua sampai tiga tahun, selain perawatan dan pemeliharaan, pengasuh juga perlu diajarkan bagaimana melakukan stimulasi atau rangsangan terhadap anak. Dan, ketika anak berusia tiga sampai empat tahun, yang harus diketahui pengasuh adalah bagaimana konsep menyiapkan anak menjadi mandiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement