REPUBLIKA.CO.ID, Sebelum membawa anak ke kantor, pertimbangkan sejumlah hal ini:
1.Diskusikan dengan keluarga kemungkinan membawa anak ke kantor.
2.Jangan membawa anak tanpa izin atau tanpa sepengetahuan atasan. Komunikasikan dan memintalah izin dari atasan atau divisi terkait. Bila sudah disetujui, informasikan pada rekan kerja mengenai rencana membawa anak ke kantor. “Pastikan ada ruang atau tempat untuk anak menunggu,” ujar Ina.
3.Persiapkan si kecil. Buatlah kesepakatan ringan dengannya. Misalnya, aturan-aturan ketika berada di kantor dan konsekuensinya bila menaati atau melanggar. Beri apresiasi juga atas perilaku baiknya.
4.Bawa perlengkapan aktivitas si kecil ke kantor, mulai dari mainan, hingga buku gambar. Bawalah perlengkapan yang menjaganya agar tetap nyaman, seperti makanan, minuman, obat-obatan darurat, dan baju ganti yang cukup.
5.Jaga komitmen. Meski membawa anak, pekerjaan harus tetap beres dan berkualitas. Kalau ada kendala, jangan panik, tetap cekatan, dan tetaplah menebar senyum.
6.Hindari membawa si kecil ke kantor dalam kondisi sakit atau tidak fit.