Senin 11 Feb 2013 13:45 WIB

Jangan Sembarangan Pakai Pelembap Muka, Ini yang Pas

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Rajin pakai pelembap wajah agar kulit awet muda
Foto: healthtrition.com
Rajin pakai pelembap wajah agar kulit awet muda

REPUBLIKA.CO.ID, Seberapa penting pelembap wajah? Membersihkan wajah, sudah pasti penting. Mengoleskan tabir surya juga tak kalah pentingnya jika tinggal di negara tropis.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Klinik Sakti Medika, dr Tina Wardhani Wisesa SpKK(K), memaparkan pentingnya pelembap wajah. Pelembap dibutuhkan untuk mempertahankan struktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal, seperti udara kering, AC, sinar matahari, angin, dan faktor usia.

Selain itu, pelembap juga membentuk lemak pada permukaan kulit sehingga kulit menjadi halus, lentur, serta me ngurangi penguapan air dari sel kulit. “Fungsi pelembap wajah, yaitu mencegah kekeringan dan kerusakan kulit akibat faktor-faktor eksternal tersebut, sekaligus membuat kulit lebih kenyal dan bersinar,” tuturnya. Sebaiknya, pelembap digunakan secara teratur pada pagi, siang, atau sore setelah wajah dibersihkan.

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit normal, pilih pelembap yang berupa krim atau lotion. Pemilik kulit kering sebaiknya menggunakan pelembap berupa krim.

Sedangkan untuk kulit berminyak, gunakan bahan pelembap gel atau lotion. Pilih pula pelembap wajah yang bebas minyak ( oil free) dan nonkomedogenik. Penggunaan pelembap pada kulit berminyak dipertimbangkan terutama bila sering berada dalam lingkungan ber-AC.

Tina juga menyarankan agar pelembap dipilih berdasarkan kandungannya. Sebaiknya, pelembap terdiri atas berbagai minyak nabati, hewani, dan minyak sintetis. Kandungan tersebut pada prinsipnya dapat membentuk lemak permukaan buatan sehingga kulit yang kasar dan kering akan menjadi lembap, lembut, dan lentur, “Kadang-kadang pelembap ditambah zat-zat sesuai kebutuhan, seperti beberapa vitamin, tabir surya, pewangi, antikerut, dan lain-lain.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement