Selasa 12 Feb 2013 16:08 WIB

Jangan Anggap Remeh Sisir, Ini Kiat Memilih yang Benar

Rep: Susie Evidia/ Red: Endah Hapsari
Menyisir rambut/ilustrasi
Foto: beautythroughstrength.com
Menyisir rambut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sepintas, sisir rambut tampak seperti benda sepele. Padahal, benda bergerigi ini menyumbang peran besar pada kesehatan dan keindahan rambu Anda. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan sisir yang tepat. Salah memilih sisir, bisa membuat rambut bermasalah. Anda tak mau bukan hal ini terjadi?

Nah, agar tak salah memilih sisir, simak tips seputar ragam bentuk sisir dan kegunaannya masing-masing. Noor RM, hair designer dari Habb Hair Galery, Mall Taman Anggrek, Jakarta, menguraikan aneka tips itu sebagai berikut:

* Sisir garpu yang renggang dan rata digunakan untuk rambut kusut, rambut keriting, atau rambut panjang. Sisir jenis juga sangat berguna untuk merapikan rambut setelah keramas. Dengan begitu, rambut mudah disisir, tak mudah patah, dan tidak rontok.

* Setelah rambut tidak kusut, gunakan sisir jenis garpu yang rapat dan tidak rata. Sisir ini juga sangat aman untuk menyasak rambut.

* Sisir rambut yang bergigi rapat, tajam, dan pendek dulu biasa digunakan untuk menyasak atau memotong rambut. Jenis ini ternyata tidak tepat lagi digunakan karena berpotensi merusak rambut. Rambut menjadi mudah patah dan ujungnya bisa melukai kulit kepala.

* Untuk mem-blow rambut, tersedia beberapa pilihan sisir blower (bentuknya mirip sikat botol) yakni sisir dengan rolling ukuran kecil, sedang, dan atau besar. Ukuran roll itu digunakan sesuai kebutuhan. Untuk rambut model keriting besar-besar gunakan sisir dengan rolling besar. Untuk rambut keriting kecil-kecil, pilih sisir dengan rolling lebih kecil.

* Pilih sisir blower yang terbuat dari bulu kuda karena lebih lembut. Hindari sisir yang terbuat dari plastik. Saat digunakan, sisir plastik menimbulkan panas yang berpengaruh buruk pada rambut.

* Untuk sisir garpu, sebaiknya gunakan yang terbuat dari bahan tulang. Tapi tentu saja, harganya lebih mahal dibanding sisir yang terbuat dari plastik.

* Ada juga sisir jenis vidal. Sisir mirip sikat ini terbuat dari karet dengan tangkai dari kayu. Sisir jenis ini aman untuk menyisir semua jenis dan model rambut, termasuk rambut panjang. Karena giginya jarang, sisir ini tidak membuat kulit kepala sakit ketika digunakan.

* Nah, kini saatnya berburu sisir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement