Jumat 01 Mar 2013 15:11 WIB

Jangan Salah Memilih Pagar, Ini Dia Trik Tepat

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Pagar rumah
Foto: modernsteelinds.com
Pagar rumah

REPUBLIKA.CO.ID, Selain berfungsi untuk keamanan, pagar ternyata juga turut menambah keindahan dan kecantikan lingkungan. Karena itu pula kini pagar rumah yang umumnya terbuat dari besi dan stainless steel (plat atau bulat) didesain sedemikian indah sesuai selera pemesannya agar rumah dan pekarangan terkesan lapang dan  mewah.

Karena mengikuti tren dan selera pemesannya, maka harganya pun relatif lebih mahal. Namun, bagi sebagian besar konsumen, harga tidak menjadi masalah, yang penting bahwa desain atau model sesuai dengan yang diinginan serta dipasang dengan rapi. ''Memang kerapian menjadi kunci dari pembuatan pagar besi ini, karena akan mempengaruhi keindahan dari  desain pagar itu sendiri,'' ujar M Talkia, pengusaha pembuat pagar besi di Kalimalang, Pondok Bambu, Jaktim.

Menurut dia, perkembangan properti baik cat maupun desain (arsitektur) rumah juga turut mempengaruhi model pagar rumah. Karena itu, jika diamati perkembangan properti secara keseluruhan,  model pagar juga mengikuti tren desain rumah itu sendiri. ''Saat ini pagar yang sedang ngetren dan banyak digemari konsumen adalah jenis pagar tempa. Keistimewaan pagar jenis  ini memiliki corak dan bentuk yang lebih bervariasi,'' papar Talkia, pemilik usaha Liha Jaya ini.

Pada umumnya ada tiga jenis pagar rumah, yaitu pagar tempa, pagar biasa,  dan stainless steel. Pagar tempa adalah pagar besi yang bahan dasarnya sudah ditempa dari besi polos menjadi besi plintir (putar) dengan corak yang beraneka ragam,  seperti corak nanas dan spiral. Model pagar tempa ini memiliki keunggulan tersendiri, yakni coraknya lebih indah dan artistik dibandingkan pagar biasa.