Jumat 12 Apr 2013 11:33 WIB

Tips Kulit Sehat Annisa Pohan

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Endah Hapsari
Annisa Pohan dan putri
Foto: Amin Madani/Republika
Annisa Pohan dan putri

REPUBLIKA.CO.ID, Sehari-hari, perempuan terpapar dengan tekanan yang bisa memperburuk kondisi kulit. Faktor 5- S, yaitu sleep, sugar, smoke, sun, dan stres ternyata memiliki pengaruh pada kulit perempuan. Kekurangan atau kelebihan salah satu faktor ini dijamin membuat perempuan tidak ber cahaya. 

Peningkatan stres fisik yang timbul dari kurang tidur, kebanyakan menyantap makanan manis yang bergula, berhadap an dengan polusi, paparan sinar UV yang berlebihan, serta stres emosional menjadi kebiasaan rutin setiap perempuan kota besar. Akibatnya, keseimbangan bergeser dan daya regenerasi kulit menjadi tak optimal. 

Kulit pun kehilangan elastisitas. Rona cerah kulit turut menghilang, menyebabkan kulit tampak tua. Stres secara emosional bahkan melemahkan fungsi perlindungan kulit. Semuanya lantas menjadi pangkal dari penuaan dini.

Pembawa acara televisi juga bintang iklan produk perawatan kulit, Annisa Pohan, membagi tips menyeimbangkan kesibukan kota besar dan menjaga kulit tetap sehat. “Saya usahakan minimal tiga kali sehari membersihkan wajah dengan mencuci muka,” katanya.