Jumat 12 Apr 2013 12:32 WIB

Mau Baju Kinclong? Simak Tips Ini

Red: Endah Hapsari
Cuci baju/ilustrasi
Foto: planetthrive.com
Cuci baju/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menggunakan deterjen untuk mencuci baju ternyata juga butuh trik sendiri. Apalagi, jika Anda menginginkan baju yang bersih dan kinclong. Simak saja tips berikut:

* Deterjen mengandung pemutih, tidak cocok untuk semua jenis kain. Zat kimia natrium perborat dan natrium perkarborat yang dijadikan 'senjata' untuk memutihkan, efeknya akan terlihat nyata jika digunakan dengan air hangat. Lebih baik, anda menggunakan detergen biasa saja. Jika memerlukan pemutihan untuk kain berwarna putih yang mulai kusam, dapat dibantu dengan bleaching yang sekarang banyak dijual di pasaran. tapi penggunaan zat ini terlalu sering juga menyebabkan kain cepat rapuh.

* Penggunaan air hangat juga diperlukan untuk deterjen yang mengandung enzim. Zat ini, memang diperlukan untuk menghilangkan noda protein, lemak dan darah yang sukar dihilangkan deterjen tanpa enzim. Namun bila memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya hindari deterjen yang mengandung enzim.

* Yang paling aman, terutama bagi lingkungan, adalah sabun atau deterjen cair. Tapi keduanya jarang menjadi pilihan. Deterjen cair secara ekonomis memang kurang menguntungkan. Sisa cairan sering menempel dalam kemasan dan susah dikeluarkan.

* Yang penting di atas itu semua, adalah 'perilaku' mencuci anda. Semua dterjen sebetulnya sama, tergantung berat ringannya noda. Karenanya, begitu kain terkena noda, segeralah direndam. Semakin lama dibiarkan, maka akan semakin susah noda itu terlepas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement