Jumat 03 May 2013 11:52 WIB

Agar Gaji Tidak 10 Koma...

Red: Endah Hapsari
Hitung gaji
Foto: dcrevealed.com
Hitung gaji

REPUBLIKA.CO.ID, Candaan gaji 10 koma, alias tanggal 10 uang di rekening sudah habis lazim terlontar saat tanggal tua. Mengelola pendapatan belum familiar bagi banyak kalangan. Hasil nya, belum sampai separuh bulan gaji yang tersisa sudah menipis. Padahal pendapatan yang dibawa pulang tergolong cukup, bahkan berlebih.

Untuk mencegah hal ini terjadi, menurut perencana keuangan independen Ahmad Gozali, setiap pribadi harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Alasannya, banyak hal ber gantung pada kemampuan dan kekuatan finansial seseorang. Ia memberi contoh, pendidikan yang baik kadang disertai dengan biaya SPP yang tak sedikit. Standar hidup yang baik juga perlu didanai dengan uang yang tidak sedikit.

Seringkali juga masalah dalam hidup terjadi karena faktor keuangan. Misalnya, rumah tangga yang tak harmonis akibat ketidakmampuan me ngelola keuangan. Tentu isu keuangan tidak berdiri sendiri. Tapi, isu ini erat hubungannya dengan pola pikir, hubungan emosial keluarga, dan lainnya.

Lalu bagaimana rumus mengatur keuangan yang benar? Gozali berujar, keuangan keluarga itu lebih banyak bersifat strategi. Bukan ilmu pasti. ‘’Jadi bukan masalah benar atau salah, tapi masalah efektif atau tidak. Cocok atau tidak dengan orangnya dan sinkron atau tidak dengan strategi kehidupan yang lainnya seperti strategi karir, parenting, dan lainnya.’’