Kamis 20 Jun 2013 10:06 WIB

Jurus Pilih Berlian untuk Cincin Kawin

Aneka bentuk cincin berlian
Foto: graziadaily.co.uk
Aneka bentuk cincin berlian

REPUBLIKA.CO.ID, Adakalanya cincin kawin juga diberi mata berlian. Jenis berlian yang dipakai sebagai mata cincin ini berbeda-beda berdasarkan kualitasnya. Ada kualitas Eropa, ada juga kualitas nasional. Harganya juga berbeda-beda sesuai dengan ukuran. Untuk kualitas Eropa, bisa mencapai jutaan rupiah.

Cincin kawin bermata berlian biasanya disediakan oleh toko-toko khusus yang menjual perhiasan jenis ini. Misalnya saja di gerai Dee Beers atau toko perhiasan papan atas lainnya. Harga perpasang cincin kawin, bukan dilihat dari kadar emasnya, tapi dari bobot berliannya. "Yang paling murah sekitar dua juta rupiah," kata Keri Riswan, karyawati New Diamond Jewellry, toko perhiasan terbesar di Kelapa Gading, Jakarta Timur.

Menentukan harga berlian, katanya, dilihat dari empat aspek yang umum disebut 4C, yaitu clarity (kejernihan), cut (asahan), colour (warna), dan carat (kadarnya). Jika berlian sudah dipilih, maka pramuniaga di toko itu biasanya akan membantu merancang atau memilihkan model cincinnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement