Jumat 05 Jul 2013 08:13 WIB

Hari Ini di 1946 Bikini Diperkenalkan di Prancis

Red: M Irwan Ariefyanto
Daerah Atol Bikini yang dijadikan sebagai lokasi pengujian bom atom
Foto: Historia
Daerah Atol Bikini yang dijadikan sebagai lokasi pengujian bom atom

REPUBLIKA.CO.ID,Bikini atau pakaian renang dua potong adalah sejenis pakaian renang wanita, dengan ciri khas dua bagian—satu menutupi buah dada, satu lagi menutupi alat vital. Bentuk kedua bagian bikini menyerupai pakaian dalam wanita, dan bagian bawahnya dapat berupa celana dalam yang sangat kecil (g-string) sampai brief atau celana pendek square-cut.

Bikini modern diperkenalkan oleh Louis Reard pada hari ini di 1946 dan menimbulkan kegemparan ketika dipakai di pantai-pantai Prancis pada 1947. Benda ini dinamakan "bikini" merujuk pada Atol Bikini yang menjadi lokasi pengujian bom atom. Penamaan ini oleh Reard  dikarenakan efek yang ditimbulkan oleh bikini ini seperti bom atom. Menurut etimologinya sendiri, Bikini berasal dari bahasa Marshall "Pik" yang berarti 'permukaan' dan "Ni" yang berarti 'kelapa.

Bikini merupakan pakaian renang pantai yang paling banyak digunakan di dunia, namun pada perlombaan-perlombaan renang, jenis pakaian renang untuk wanita yang digunakan biasanya adalah pakaian renang satu potong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement