Rabu 10 Jul 2013 13:04 WIB

Ingin Punya Wajah Cerah dan Sehat? Ini Triknya

Red: Endah Hapsari
Membersihkan wajah/ilustrasi
Foto: becomegorgeous.com
Membersihkan wajah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut dr Tina Wadhani Wisesa SpKK, dari Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin FKUI/RSCM, ada beberapa jenis kosmetik yang digunakan untuk pemeliharaan dan perawatan kulit, terutama untuk ibu yang sedang hamil, yaitu:

 

1. Pembersih 

Kebersihan kulit sangat penting sekali dilakukan secara teratur, karena kotoran pada kulit dapat menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Adapun kotoran yang menempel di kulit biasanya berasal dari minyak yang terkandung pada kosmetika, debu, atau keringat. ''Sementara jenis-jenis pembersih yang bisa digunakan adalah susu pembersih, atau sabun yang disesuaikan dengan jenis kulit,'' ujar Tina.

 

2. Face tonic, astringent

Merupakan kosmetika penyegar kulit yang berguna untuk memberi perasaan segar sekaligus menghilangkan sisa-sisa kotoran, sabun, susu pembersih dan sel-sel kulit yang telah mati. Jadi, lanjut Tina, face tonic maupun astringent berfungsi menyempurnakan kebersihan.

 

3. Pelembab

Ibu hamil cenderung memiliki kulit wajah kering. Apalagi yang bekerja di lingkungan AC. Karena itu, mereka perlu menggunakan pelembab yang berfungsi mempertahankan kadar air di kulit. Sedangkan bagi para ibu hamil yang memang memikili jenis kulit berminyak bisa mengggunakan pelembab bebas lemak (oil-free mosturizer).

 

4. Pelindung

Pelindung sangat diperlukan bagi ibu hamil yang sering terpajan lingkungan yang merugikan misalnya: polusi udara, atau paparan sinar matahari. Berbagai cara untuk melindungi wajah dan tubuh yang biasa diterapkan kaum wanita seperti: mengenakan topi, payung dan sebagainya, seringkali tidak mencukupi karena masih dapat ditembus sinar matahari. Karena itulah, mereka perlu menggunakan kosmetika yang dapat menyaring sinar matahari (sun screen) atau yang dapat menghambat seluruh sinar matahari (sun block). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement