Selasa 03 Sep 2013 16:07 WIB

Beli Barang Bermerek dengan Harga Ekonomis? Ini Caranya

Shopping/ilustrasi
Foto: destination360.com
Shopping/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perempuan yang doyan belanja tentu hafal berbagai lokasi belanja yang tepat untuk tiap kebutuhannya. Dari sejumlah tempat, beberapa di antaranya akan menjadi favorit mereka. “Saya merekomendasikan Jakarta dan Bali sebagai surga belanja,” komentar Amelia Masniari yang tenar dengan julukan Miss Jinjing.

Di Jakarta, pusat perbelanjaan sangat bervariasi. Barang yang ditawarkan banyak yang bagus, asalkan rajin memilih. “Bisa ke Grand Indonesia atau Mal Ambassador sekalipun,” kata Amelia. 

Betapapun, barang fashion hanyalah benda. Barang yang melekat di tubuh tidak menentukan kualitas seseorang. “Kalau yang pakai barang oke, mau harganya murah pun tetap terlihat oke," ujarnya sambil tertawa. 

Bicara tentang surga belanja, Miss Jinjing tak merekomendasikan factory outlet (FO) sebagai tempat untuk mencari baju, celana, aksesori, dan sepatu. Mengapa? “Barang di FO sudah diragukan keasliannya, selain itu harganya juga tidak murah, hampir sama dengan harga aslinya,” jelas penulis yang telah menerbitkan sembilan buku ini. 

Miss Jinjing memperhatikan barang-barang FO sekarang banyak yang palsu. Dulu, memang masih banyak barang sisa ekspor yang ditawarkan. “Mending menunggu Zara sale, bisa diskon 50 persen," katanya berargumen.

Selain itu, barang-barang di Zara atau Mango yang menjadi favorit banyak perempuan sudah relatif tak terlalu mahal harganya. Sementara untuk di Bali, ia merekomendasikan tempat belanja di Seminyak dan Pasar Kumba Sari. Lalu, jika ingin mencari kain batik, Solo, Yogya karta, Cirebon, dan Pekalongan menjadi tempat terbaik. “Untuk kain tenun, coba ke Jepara, Bali, Lombok, NTT, dan NTB.” 

Kapan waktu yang tepat untuk berbelanja? Tiap tempat untuk berbelanja berbeda agendanya. “Coba cari tahu kapan ada pesta turun harga,” saran Amelia yang juga dikenal sebagai personal buyer. 

Untuk Singapura, Mei sampai Juli biasanya merupakan bulan diskon. Di Dubai, momen itu jatuh pada bulan Desember sampai Februari. Di Korea event sale ada di bulan Januari sampai Februari. Lalu, di Turki pada bulan Juni sampai Juli. "Cari informasi di internet, biasanya ada acara hiburan juga saat promo diskon berlangsung," jelasnya.

Sementara itu, Nuke Meliani Siregar biasa belanja menjelang bulan Juni atau November. Ketika itu, biasanya merekmerek terkenal biasanya melalukan pemotongan harga besar-besaran. “November mendatang rencananya saya akan ke Paris untuk berburu tas Longchamp,” ujarnya berseri-seri. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement