Jumat 13 Sep 2013 16:51 WIB

Kapan Saat Tepat Pindah Kerja?

Red: Endah Hapsari
Perempuan stres karena pekerjaan/ilustrasi
Foto: sciencemediacentre.co.nz
Perempuan stres karena pekerjaan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pindah kerja memang bukan urusan sepele. Menurut psikolog Rima Olivia, perhatikan faktor internal dan eksternal sebelum memutuskan untuk hengkang. Faktor internal berkaitan dengan kondisi perusahaan. Misalkan, perusahaan sudah tidak mencapai target atau mulai ada rasionalisasi karyawanan. ''Jika, perusahaan sudah menunjukkan tanda-tanda seperti ini, boleh saja memutuskan pindah ke kantor lain,'' kata konsultan senior di Experd Consultant ini. 

Untuk faktor eksternal, coba pertimbangkan value yaitu nilai-nilai idealisme yang menjadi pegangan seseorang dan dianggapnya penting. Penghasilan besar, tapi value sudah tidak sesuai lagi dengan yang diinginkan, untuk apa dipertahankan? Artinya, pada keadaan seperti ini, tak masalah jika hengkang mencari tempat baru. Memutuskan pindah kerja perlu juga mempertimbangkan faktor usia produktif. Namun, lanjut Rima, untuk mereka yang sudah berada pada level tinggi dan memiliki kelebihan, usia tidak menjadi masalah. ''Karena itu, sebelum pindah kerja, perkaya diri agar Anda memiliki nilai lebih dibandingkan yang lain.'' 

Bagaimana jika pindah kerja karena mengejar gaji yang lebih besar dan posisi lebih bagus? Ini juga alasan yang realistis, tapi perlu diperhatikan apakah di kantor baru Anda bisa mengembangkan diri. ''Sebab, untuk apa punya gaji besar, tapi begitu-begitu saja tanpa tantangan dan tidak bisa mengembangkan diri.'' 

Merasa jenuh, jengkel, dan tidak nyaman di tempat kerja, adalah hal biasa yang kerap dialami oleh karyawan di mana pun. Karena itu, jangan buru-buru hengkang hanya sekadar ingin lepas dari ketidaknyamanan itu. Sebab, setiap kantor pasti ada masalah. Justru, rasa jenuh, jengkel dan tidak nyaman itu merupakan dinamika dalam sebuah pekerjaan. ''Setiap kantor pasti ada dinamikanya. Lebih baik setiap masalah itu dihadapi sebagai tantangan, bukan dihindari. Pada saat yang sama, berusahalah mencari solusi yang baik,'' papar Rima. 

Jika terpaksa harus pindah kerja, usahakan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat kerja yang baru itu. Jangan sampai bernasib seperti Lina. Gaji dan posisi lebih tinggi, tapi hanya karyawan kontrak. Lantas mau balik lagi ke tempat kerja sebelumnya? ''Itu konyol kan,'' kata Rima. Benar juga ya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement