Senin 21 Oct 2013 16:59 WIB

5 Tips Jika Ingin Pindah Kerja

Red: Endah Hapsari
Pertimbangkan matang-matang sebelum pindah kerja(ilustrasi)
Pertimbangkan matang-matang sebelum pindah kerja(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Berniat mencari tempat bekerja baru? Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Ini dia tips singkat jika berniat pindah kerja.

 

* Lihat potensi

Ini yang terpenting untuk ditelaah, yaitu melihat potensi yang dimiliki oleh tempat kerja yang baru. Kalau tetap tidak bisa memberikan kepastian masa depan seperti pekerjaan yang lama, sebaiknya tidak diambil.

 

* Kemampuan finansial

Sebaiknya memang bersabar untuk tidak mundur sebelum mendapatkan kepastian pekerjaan baru. Akan tetapi, bila tidak sabar menunggu, harus dipastikan apakah tabungan yang kita miliki cukup untuk menyokong hidup kita selama masa menganggur.

 

* Efektivitas waktu

Jika harus melalui masa menunggu, gunakan waktu tersebut untuk terus memperbaiki diri dan menyusun strategi baru. Misalnya, melatih soal psikotes atau kemampuan wawancara.

 

* Lihat kemampuan beradaptasi

Bila kita termasuk orang yang sulit menyesuaikan diri pada lingkungan baru, keputusan berpindah tempat kerja belum tentu menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi. Bisa-bisa malah mengundang stres saja. Ini justru menghasilkan masalah baru.

 

* Belajar dari kesalahan

Ada kalanya keputusan berpindah kerja yang diambil salah. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus disesali. Tidak ada yang sepenuhnya salah atau benar dalam setiap keputusan tersebut. Bila ini terjadi, anggap saja hal itu merupakan pijakan untuk bisa mengambil keputusan yang benar di lain waktu. Kita semua belajar dari kesalahan. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement