Rabu 23 Oct 2013 12:18 WIB

Ini Manfaat Menyantap Kimchi

Red: Endah Hapsari
Kimchi
Foto: milkimchi.com
Kimchi

REPUBLIKA.CO.ID, Kimchi dari Korea sudah sa ngat terkenal. Rasanya yang unik menjadi salah satu alasan namanya dikenal luas. Makanan yang satu ini dibuat dengan melibatkan proses fermentasi. Adalah bumbu hasil fermentasi yang kemudian membuatnya memiliki sejuta cita rasa. Mulai dari asam, pedas, asin, hingga sedikit manis.

Penduduk Korea menjadikan kimchi makanan wajib saat musim panen sawi putih, yakni pada musim dingin. Setiap keluarga pasti mem buat kimchi dalam jumlah besar. Mereka bahkan mempunyai lemari es khusus untuk menyimpannya. Kimchi biasa disimpan untuk persediaan selama kurang lebih satu tahun, hingga menjelang musim dingin selanjutnya.

Terbuat dari sayur-sayuran segar menjadikan kimchi terkenal sebagai makanan sehat. Bahkan, kimchi dinobatkan sebagai makanan tersehat di urutan kelima sedunia versi majalah Health. Bukan tanpa alasan penobatan tersebut diberikan. Sebab, kimchi memang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayur-sayuran yang sudah terfermentasi menghasilkan bakteri lactobacillus. Bakteri yang baik bagi pencernaan ini memang diperlukan untuk tubuh. Kadar serat yang tinggi dari sayurannya juga sangat bagus bagi kesehatan. Maka, tak ada salahnya bila kimchi dikonsumsi setiap hari. Sayuran yang rasanya seperti asinan versi Indonesia ini juga tergolong rendah kalori.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement