Senin 11 Nov 2013 11:03 WIB

4 Manfaat Mandi untuk Tubuh dan Pikiran

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Mandi (Ilustrasi)
Foto: IST
Mandi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan di kantor tentu membuat tubuh terasa lelah, ditambah lagi dengan kemacetan jalan raya saat pulang menuju rumah.

Dengan demikian pikiran pun menjadi stres. Setibanya di rumah cobalah untuk merebahkan tubuh sejenak di sofa lalu pergi mandi. Mandi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan pikiran Anda seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com. Berikut adalah manfaat dari mandi untuk tubuh dan pikiran Anda:

 

1. Meningkatkan Kemampuan otak

Berendam dalam air hangat dengan minyak esensial sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda. Anda bisa menggunakan minyak sage untuk mempertajam memori, menenangkan pikiran, dan bertindak sebagai mood booster yang alami atau mengembalikan suasana hati Anda.

 

2. Meringankan Stres

Anda juga bisa mandi air hangat untuk meringankan pikiran yang stres. Saat mandi coba tambahkan minyak esensial eucalyptus atau lavender yang terbukti membantu mengurangi stres.

 

3. Membantu Proses Tidur

Mandi merupakan cara alami untuk membantu Anda agar mudah tidur. Berendam di bak hangat dengan santai akan meningkatkan suhu tubuh Anda. Ketika Anda beranjak keluar, maka tubuh Anda akan kembali dingin, saat itu otak akan melepaskan melatonin, hormon yang memicu tidur.

 

4. Meredakan Gejala Flu

Mandi air hangat dapat menjadi alat yang baik untuk membantu meredakan gejala flu. Uap dari air hangat dapat membantu melembabkan bagian hidung, meredakan pusing di kepala dan membantu mengendurkan otot yang pegal. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement