Ahad 23 Feb 2014 14:40 WIB

Tips Memilih Produk Bagi Kulit Berjerawat

Pilih pembersih yang memang basisnya air.
Foto: lucas.com
Pilih pembersih yang memang basisnya air.

REPUBLIKA.CO.ID, Dr Neal Schultz salah satu dermatolog paling ternama di Amerika Serikat membagi sejumlah informasi mengenai jerawat. Menurut Schultz, cara terbaik menghilangkan jerawat adalah dengan rajin membersihkan wajah dengan cleanser dan toner.

Pilih duet pembersih yang ditujukan bagi kulit berjerawat atau bagi kulit berminyak. Kemudian lakukan pengelupasan sel mati dengan bahan yang mengandung glycolic atau salicylic acid.

Menurut Schultz, sejumlah makanan tidak menyebabkan jerawat. Tetapi menghindari makanan yang tinggi iodine sangat dianjurkan. Juga, katanya, jangan tertidur dengan wajah yang masih tertutup riasan.

Lalu, bagaimana cara memilih produk perawatan wajah yang tidak mudah menyebabkan jerawat? Schultz mengatakan, jika memiliki kulit yang mudah berjerawat atau kulit berminyak, hal terakhir yang diinginkan adalah menggunakan produk yang berbasis minyak.

''Ketika membeli produk, cari yang 'water based' atau berbasis air,'' kata Schultz. Berbasis air artinya, sebagian besar produk tersebut mengandung air dan hanya sedikit kandungan minyaknya.

Ciri-ciri berikutnya yang perlu diperhatikan saat memilih produk adalah 'oil free'. Schultz mengatakan, produk yang bebas minyak, rata-rata memang tidak memiliki kandungan minyak.

Terminologi berikutnya adalah 'non-clogging'. Produk yang 'non-clogging' berarti telah terbukti tidak akan menghambat pori-pori, hingga tidak menyebabkan munculnya jerawat.

Kemudian produk berikutnya yang harus dipilih jika berjerawat adalah 'non-comedogenic', Seperti 'non clogging', 'non-comedogenic' juga berarti telah diuji dan tidak mengakibatkan pori-pori tertutup.

Lain kali kulit sedang berjerawat dan mencari produk agar jerawat tak bertambah banyak, pilih produk perawatan yang berbasis air, tidak berbasis minyak, 'oil free', 'non-clogging', dan 'non comedogenic'.

sumber : The Fashion Spot
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement