Senin 24 Feb 2014 08:50 WIB

Menggosok Kulit Dengan Gula

Gula membantu melembabkan dan membuang sel kulit mati secara alami.
Foto: eofdreams.com
Gula membantu melembabkan dan membuang sel kulit mati secara alami.

REPUBLIKA.CO.ID, Gula merupakan salah satu bahan alami untuk mengupas sel kulit mati di tubuh. Flor Mayoral MD, seorang dokter kulit asal Miami, mengatakan memasukkan sejumput gula dalam cairan pembersih muka sangat baik. Sebab, gula adalah bahan pengupas sel kulit mati yang paling lembut.

Membersihkan tubuh dari sel kulit mati merupakan langkah penting untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat. Fungsi tersebut kadang kerap diserahkan ke salon atau spa, meski biayanya seringkali tidak sedikit.

Padahal komposisi dari bahan-bahan perawatan tubuh terbaik terletak di alam. Begitu pula dalam kasus mengupas sel kulit mati dengan cara menggosok tubuh atau scrubbing. Seperti body scrub pabrikan, scrub dari gula yang dibuat di rumah bisa bekerja efektif membersihkan, mengupas sel kulit mati, sekaligus melembabkan kulit.

Scrub menggunakan gula membantu memperbaiki penampilan kulit dan tesktur. Gula menghasilkan senyawa bernama glycolic acid, yaitu sebuah alpha hydroxy acid yang bekerja membuang kotoran dan sel kulit mati dengan menghilangkannya dari kulit.

Karena mudah larut, gula tidak mengandung butiran kasar yang mungkin menyebabkan iritasi dan melukai kulit. Gula juga dikenal sangat efektif membuka sumbatan pori-pori dan aman untuk melakukan pekerjaan mengupas sel kulit mati.

 Membuat sendiri scrub dari gula juga tergolong mudah. Campurkan setengah cawan gula yang teksturnya kasar, setengah cawan gula biasa, empat sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur atau baby oil, dan tambahkan setengah sendok makan minyak esensial jika ada. Pilih minyak esensial seperti mawar, lavender, vanila, atau cendana.

Pertama, campur gula kasar dan biasa dalam wadah bersih. Aduk hingga keduanya bercampur. Kemudian, perlahan tambahkan minyak ke gula dan aduk dengan sendok. Setelah itu baru masukkan minyak esensial untuk memberi aroma yang menyenangkan. Scrub gula pun siap digunakan.

Larutan gula dan minyak tersebut umumnya tidak memiliki dampak negatif ke tubuh, seperti alergi misalnya. Gosokkan scrub gula ke tubuh dan basuh hingga bersih menggunakan air dingin.

Khusus untuk tangan kerap dibutuhkan perawatan tersendiri. Kulit tangan yang cenderung kering pun harus rajin digosok agar tetap lembab.

Untuk tangan, scrub gula bisa diracik menggunakan seperempat cawan brown sugar atau gula palem, jus dari setengah buah lemon, satu sendok makan minyak zaitun, dan dua sendok makan minyak kelapa.

Campur semua bahan tersebut sampai minyak kelapa meleleh. Kemudian gosokkan ke tangan dan pijat lembut selama dua hingga tiga menit. Basuh menggunakan air hangat.

Ramuan ini akan membuat kulit tangan jadi lebih lembut. Brown sugar sementara itu berfungsi menghilangkan selsel kulit mati.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement