REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan, seperti bisa ditebak, adalah makhluk yang hobi berbelanja. Tak hanya berbelanja di mal atau pusat perbelanjaan lainnya, perilaku tersebut dibawa pula ke dunia maya melalui aktivitas belanja online.
Menurut survei yang dilakukan www.bilna.com, dari data pelanggan yang membeli produk perlengkapan bayi dan ibu hamil dari toko online tersebut selama satu tahun belakangan ini, diketahui 70 persen pelanggannya adalah perempuan.
Sisanya 30 persen pelaku belanja online adalah laki-laki. Demikian dikatakan Eka Himawan, pendiri bilna.com.
Mereka, 60 persen, berusia 25 hingga 34 tahun. Sebanyak 20 persen berusia 18 sampai 24 tahun, dan sisanya berusia 35 tahun sampai 65 tahun ke atas.
Dan dari data tersebut, diketahui pula sebagian besar pelaku belanja online tinggal di DKI Jakarta, ada sekitar 61 persen. Sisanya tersebar diluar pulau Jawa.
Mereka ini, lanjut Eka, gemar berbelanja popok. Tak tanggung-tanggung, mereka selalu belanja popok hingga mencapai Rp 400 ribu.