Selasa 27 May 2014 08:32 WIB

Manfaat Aroma Tertentu Bagi Kesehatan (1)

Daun sage berguna meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk fokus.
Foto: motherearthliving.com
Daun sage berguna meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk fokus.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa bau memiliki fungsi kesehatan yang baik bagi tubuh. Tak heran bila praktik kesehatan menggunakan bantuan aromaterapi makin banyak dijajal.

Laman Shape mengutip sejumlah aroma yang bermanfaat bagi kesehatan. Tahukah Anda kalau aroma bunga lavender bisa membantu tidur lebih nyenyak? Berikut sejumlah aroma dan kegunaannya.

1. Untuk berhenti merokok

Coba hirup aroma lada hitam jika Anda mencoba menghentikan kebiasaan merokok. Dalam penelitian yang ditulis di Journal of Alternative and Complementary Medicine, perokok yang menghirup satu tetes minyak esensial dari lada hitam dalam kertas tisu selama dua menit saat sedang ingin merokok bisa mengurangi keinginan mereka untuk merokok.

Bau lada hitam yang tajam ternyata merupakan stimulan, yang mungkin bisa menerangkan kenapa timbul keinginan untuk menarik diri dari rokok.

2. Mengalahkan PMS

Aroma lavender yang disemprotkan ke bantal terkenal membantu membuat tidur jadi lebih nyenak. Tetapi, menghirup aroma bunga ini selama 10 menit juga diketahui bisa mengurangi tekanan emosional saat hendak datang bulan, seperti depresi dan kebingungan. Ini menurut studi yang dilakukan tahun lalu oleh peneliti Jepang.

3. Agar berpikir tajam

Tanaman rempah sage ternyata mampu mendongkrak performa kognitif dalam sebuah tes kontrol dibanding ketika seseorang dikondisikan tidak dekat aroma apapun. Sage juga membantu meningkatkan kewaspadaan, seseorang mengasah pikirannya, dan fokus pada apa yang harus dilakukannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement