Selasa 27 May 2014 09:00 WIB

Manfaat Aroma Tertentu Bagi Kesehatan (2-Habis)

Aroma cucian bersih ternyata sanggup membangkitkan rasa kedermawanan seseorang.
Foto: laundryservice.uk
Aroma cucian bersih ternyata sanggup membangkitkan rasa kedermawanan seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa bau memiliki fungsi kesehatan yang baik bagi tubuh. Tak heran bila praktik kesehatan menggunakan bantuan aromaterapi makin banyak dijajal.

Laman Shape mengutip sejumlah aroma yang bermanfaat bagi kesehatan. Tahukah Anda kalau aroma bunga lavender bisa membantu tidur lebih nyenyak? Berikut sejumlah aroma dan kegunaannya.

4. Agar merasa kenyang

Menurut sebuah studi oleh peneliti Jerman, aroma lada dari minyak zaitun bisa membuat seseorang merasa kenyang atau penuh. Mereka yang menyantap yogurt dengan tambahan minyak biji anggur (yang aromanya tak setajam zaitun) akhirnya memasukkan makanan dengan 176 kalori lebih banyak, dibanding yang makan yogurt dengan tambahan minyak zaitun.

5. Agar merasa dermawan

Ternyata cucian bersih yang wangi memiliki efek baik ke orang. Sekelompok orang yang berada dalam ruangan yang disemprotkan dengan wewangian ternyata cenderung lebih tertarik menjadi sukarelawan, menyumbangkan uang, dan lebih percaya pada orang lain dibanding dalam ruangan yang tidak berbau. Demikian hasil studi yang dipaparkan di Psychological Science di tahun 2010. Aroma bersih ternyata mengetuk pikiran bawah sadar untuk melakukan sesuatu yang dermawan.

6. Menghilangkan stres

Saat peneliti memaparkan hewan dengan aroma biji kopi yang dipanggang, otak hewan berubah, sesuai temuan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Ada gen tertentu yang membantu mengatasi efek negatif stress terpicu ketika mencium aroma kopi.

7. Rajin berolahraga

Coba tambahkan satu tetes minyak esensial peppermint ke setengah liter air yang akan diminum. Air yang diminum pun akan meningkatkan kemampuan berolahraga menurut sebuah studi dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Mint membantu membuat otot rileks hingga meningkatkan kadar oksigen ke otak. Dan, mengurangi rasa letih selama berolahraga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement