Kamis 12 Jun 2014 10:05 WIB

Tips Merawat Bibir Agar Sehat dan Cantik Secara Alami

Bibir sehat terawat/ilustrasi
Foto: ilovediscounts.my
Bibir sehat terawat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sulam bibir belakangan terakhir menjadi tren di dunia kecantikan. Tak hanya kaum hawa, kaum adam pun ada yang tertarik untuk mencoba sulam bibir ini. Teknik sulam bibir ini bukan tanpa risiko. Alih-alih ingin mendapatkan bibir cantik nan seksi, yang didapat justru peradangan pada bibir. 

Perawatan bibir bukan sekadar lipstik. Menjaga bibir agar tetap sehat memerlukan perawatan yang sama lengkapnya dengan menjaga kulit agar tetap lentur dan lembut. Berikut beberapa tips mengenai perawatan bibir lengkap yang dapat ROLers lakukan di rumah.

1. Pelembab

Langkah awal memiliki bibir sehat adalah dengan memiliki bibir padat dan halus. Kuncinya adalah dengan menjaga kelembabannya. Karena sering terlupakan, bibir jarang mendapat perawatan khusus untuk melawan lapisan bahan kimiawi yang berasal dari lipstik dan lip gloss.

Kelembaban bibir dapat hilang berbarengan dengan dibersihkannya lapisan kosmetik. Meski lip balm merupakan pilihan yang baik, pelembab alami merupakan pilihan yang lebih baik lagi karena kita akan tanpa sengaja menelan apapun yang ada di bibir kita. Pilih minyak zaitun murni dengan kandungan pelembab tinggi yang tidak lengket.

2. Scrub bibir

Pengelupasan tidak hanya diperlukan oleh tubuh, namun juga bibir, untuk membantu menghilangkan sel kulit mati. Kunci untuk mendapatkan scrub bibir rumahan yang baik adalah tekstur.  Campuran sederhana gula dan madu sudah cukup baik, karena butiran gula membuat kulit mati di bagian bibir mengelupas dan madu melembabkan. Bahan rumahan lain yang juga baik adalah bubur gandum, atau jika Anda menginginkan aroma, tambahkan sedikit kopi. Kopi memberi aroma nikmat sekaligus manfaat antioksidan pada scrub rumahan Anda.

3. Masker bibir

Menggunakan masker bibir secara teratur membantu menjaga kelembaban, juga membantu menjaga kesegaran dan kelembutan bibir sepanjang pekan. Olesi bibir menggunakan madu, yang menutrisi sebaik masker di pasaran, bahkan lebih baik.

4. Warna bibir

Bibir merah dan lembut tidak membutuhkan operasi laser maupun perawatan mahal. Penggunaan teratur sari atau potongan lemon atau timun membantu mencerahkan bibir gelap. Atau cobalah perona bibir alami yang terbuat dari buah atau sayur seperti buah berry hitam atau bit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement