REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu daya tarik utama ketika sebuah pameran terselenggara adalah keberadaan booth. Berbagai kreasi ditampilkan, mulai dari tema futuristik hingga go green campaign.
Di Internasional Indonesia Motor Show (IIMS) dipastikan bakal jadi ajang perang booth antarpeserta. Tak tanggung-tanggung, maklum produsen mobil, jadi harus membuat booth yang demikian besar, menarik dan mencolok, agar pengunjung datang.
Biasanya, para peserta bermain display dengan memperhatikan komposisi mobil dengan tema yang diusung. Jadi, latar booth akan mengikuti warna dasar kendaraan. Baru, dipermanis dengan tampilan interior, eksteriornya dan tentu saja, para sales promotion girl (SPG) nan jelita.
Tahun lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses membuat mabuk kepayang para pengunjung yang datang. Booth TAM dipilih menjadi yang terbaik untuk kategori seribu meter persegi. Saat itu, TAM mengetengahkan tema green campaign yang dominan di bagian interior. Eksteriornya memanfaatkan warna hijau. Konsep booth pun didesain efisien dan futuristik layaknya bangunan yang eco friendly.
Khusus booth outdoor, Isuzu Astra Motor masih jadi favorit. Tahun lalu, pabrikan Jepang ini berhasil terpilih menjadi yang terbaik. Mereka dengan apik menata ruangan outdoor yang terkesan kurang prestise jadi satu tampilan yang menarik. Ini menjadi kunci Isuzu menangkap pengunjung yang tak sabar menuju main booth.
Lantas bagaimana dengan IIMS 2013. TAM mengaku tetap konsisten menampilkan kesan hijau pada booth. Lalu, PT Garansindo Inter Global yang akan memamerkan Chrysler, Dodge dan Jeep yang bakal mengedepankan elemen natural pada booth. Seperti earth, fire dan wind.
Bagaimana dengan Daihatsu? Pabrikan Jepang ini bakal menampilkan tema mobil sebagai sarana edukasi. Jadi penasaran, booth mana yang bakal menyedot pengunjung. Apakah pendatang baru, Datsun. Atau sang juara bertahan, Toyota. Tunggu saja!