Jumat 02 Aug 2019 06:41 WIB

Sepanjang Juli, Keluarga Australia Ini Hidup Tanpa Kemasan Plastik

Chontelle Grecian menerima tantangan hidup tanpa plastik sama sekali selama Juli

Red:
abc news
abc news

Chontelle Grecian menerima tantangan 'hidup tanpa plastik sama sekali selama bulan Juli ini' atau Plastic Free July untuk menemukan cara hidup yang lebih sederhana.

"Saya tidak percaya kita harus menggunakan segala sesuatu yang terbungkus dengan plastik," katanya.

"Dan begitu kita mulai secara sadar memperhatikan bagaimana kita membeli plastik, kita sebenarnya dapat membuat beberapa perubahan sederhana untuk diterapkan di rumah tangga kita."

Keluarga asal Yunani ini menjalani hidup bebas plastik selama 31 hari sebagai bagian dari inisiatif global yang bertujuan membantu "jutaan orang menjadi bagian dari solusi atas masalah polusi plastik".

Dia mengatakan keluarga itu sekarang hanya menghasilkan dua kantong sampah per minggu, yang dapat didaur ulang, kantong kompos yang terbuat dari jagung.

"Kami merasa seperti telah mengadopsi beberapa hal baru yang hebat di rumah tangga kami," katanya kepada ABC Radio Newcastle.

"Kami akan terus melakukan cara hidup kami yang bebas plastik, mencoba hal-hal baru, tapi ini saya akui memang sedikit 'coba-coba."

Apa saja yang bisa tanpa plastik

 

Selama beberapa bulan sebelum melakukan tantangan ini, Grecian meneliti sumber daya apa yang dia perlukan untuk bisa menyelesaikan tantangannya tersebut.

"Kami harus membuat beberapa barang sendiri. Kami harus membeli susu karton, kami membuat jus sendiri. Kami membawa tas kami sendiri ke toko kelontong," katanya.

"Kami menggunakan kantong ramah lingkungan untuk membeli buah-buahan, dan saya bahkan melepaskan kemasan plastik yang membungkus anggur yang hendak saya beli dan memasukkannya ke dalam kantong ramah lingkungan saya."

Dia juga mengatakan keluarganya sekarang beralih menggunakan plastik pembungkus organik ketimbang plastik pembungkus dan memikirkan cara untuk menggunakan kembali berbagai produk lain di rumah.

Itu termasuk hal-hal seperti menggunakan kembali wadah yoghurt, yang menurut Grecian putrinya telah belajar untuk menghias dan menggunakan kembali sebagai wadah penyimpan kuas lukisnya.

Setiap minggu, keluarga itu berusaha melakukan sesuatu yang baru untuk menyingkirkan plastik atau mengurangi jumlah yang mereka gunakan. Itu termasuk:

  • Membeli makanan yang tidak dibungkus plastik
  • Menggunakan produk kecantikan dan pembersih yang bebas plastik
  • Menemukan tempat yang terjangkau untuk membeli produk bebas plastik

 

Dia mengaku semakin lama ia melakukan gaya hidup bebas plastik ini semakin mudah menjalaninya.

"Belanja bahan makanan bisa menjadi tantangan, tetapi jika saya harus membeli barang-barang dari plastik, saya memilih untuk mendapatkan plastik lunak karena saya tahu Woolworths dan Coles (dua supermarket besar di Australia) memiliki program daur ulang dan saya tahu itu akan didaur ulang," katanya.

Tetapi keluarga ini juga menyadari ada beberapa hal yang berhasil untuk mereka dan beberapa hal tidak dan mereka terpaksa membeli barang yang menggunakan plastik.

Sulit mendapat alternatif tanpa plastik

 

Roti

Mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran jika berkaitan dengan plastik, tetapi Grecian mengatakan dia benar-benar kesulitan menemukan produk roti yang tidak dikemas dengan plastik sekali pakai.

Dia mengatakan akhirnya mereka mulai membuat sendiri roti meski memakan waktu dan tidak selalu enak.

"Pada akhirnya, anak-anak benar-benar menyukai roti buatan sendiri yang lembut dan enak," kata Grecian.

Masalah lainnya adalah membeli hadiah untuk ulang tahun dan sejenisnya.

"Ada begitu banyak barang yang dibungkus plastik, terutama mainan umum," katanya.

"Akan sangat bagus untuk melihat apakah kita bisa mulai melihat kemasan menjadi lebih berkelanjutan; itu mengecewakan ketika terkait dengan industri mainan hadiah yang kadang bisa memiliki 10 hal lain yang dibungkus secara individual dalam plastik."

 

Tetapi Grecian mengatakan dia belajar untuk menghindari plastik dan sebagai gantinya mereka membeli "pengalaman" (voucher hadiah).

"Dengan cara itu mungkin itu sesuatu yang bisa dinikmati seluruh keluarga bersama, dan acara belanja semacam itu tidak melibatkan kemasan," katanya.

Menghemat anggaran rumah tangga

Grecian mengatakan tantangan sebulan tanpa plastik adalah sebuah pengalaman yang tidak hanya mengajarkan untuk hanya memikirkan apa yang dibutuhkan tapi juga membuatnya menghemat anggaran rumah tangga.

 

"Saya mendapati diri saya membeli lebih sedikit ketika ke toko, karena kami tidak melakukan pembelian massal, kami tidak tertarik membeli keripik, karena saya pikir, 'kemasan itu akan bertahan sekitar selama 100 tahun, jadi saya hanya akan pulang dan membuatnya sendiri'.

"Anda tidak ingin membeli barang senilai $ 12 untuk hanya dibuang ke tong sampah, karena itu tidak berkelanjutan secara ekonomi," katanya.

"Jadi ini soal berusaha menemukan keseimbangan antara bagaimana kita sebagai fungsi rumah tangga, bagaimana menyesuaikan dengan anggaran kita?

Tips hidup tanpa kemasan plastik:

  • Pisahkan sampah Anda, pelajari apa yang dapat Anda daur ulang
  • Gunakan tempat sampah kompos untuk membuang limbah basah
  • Jangan melapisi nampan Anda, cukup cuci setiap minggu atau sesuai kebutuhan
  • Pelihara ayam untuk diberi makan dari sisa makanan juga
  • Selektif tentang apa yang Anda beli - ambil wadah kaca dan beli makanan dalam jumlah besar
  • Bawa kembali kantong plastik atau tas ramah lingkungan ke supermarket untuk didaur ulang
  • Cobalah untuk menggunakan kantong biodegradable

 

"Jadi cara hidup bebas plastic ini sebenarnya sedikit menyelamatkan uang di dompet kita."

Dia bercerita cara hidup bebas plastik ini juga membuat mereka benar-benar berhenti membeli beberapa barang karena produk alternatif yang bebas plastik tidak tersedia.

"Kami punya dua toko makanan yang menjual barang-barang dalam jumlah besar ... kami punya gudang di dekatnya dan Anda juga bisa berbelanja online untuk barang-barang," katanya.

"Tapi itu memang mengharuskan kita melakukan sedikit riset, kita perlu bertanya kepada orang lain, mengunjungi toko-toko lokal dan bertanya apakah mereka akan menerima wadah, dll."

Di waktu lain, dia berkata dia memilih untuk membuat sendiri - kadang-kadang dengan bantuan anak-anaknya.

"Anak-anak sangat suka membantu. Dan juga bagus untuk belajar [membuat barang] tidak selalu berhasil," katanya.

Apa saran mereka untuk orang lain?

 

Grecian mengatakan keluarganya telah belajar beberapa hal selama melakukan tantangan hidup bebas plastik selama sebulan ini dan menyarankan orang untuk:

- Memiliki tempat kompos: Dengan begitu Anda dapat membuang semua sampah sayuran Anda

- Temukan alternatif: Pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau apakah Anda dapat menggunakannya kembali

- Bawalah tas Anda sendiri, bawalah gelas dan wadah: Jangan hanya memikirkan tas - bawa wadah kaca bersama Anda untuk menyimpan daging dan barang-barang lainnya

- Tanyakan toko lokal Anda: Tanyakan tentang opsi daur ulang mereka atau apakah mereka mengambil wadah

Dia berkata Anda harus bisa melakukan riset sendiri dan tidak takut meminta nasihat orang lain.

"Saya memiliki banyak orang yang luar biasa yang menghubungi saya dengan ide-ide yang mereka miliki, bahwa kami telah mengadopsi cara hidup ramah lingkungan dalam barang-barang kebutuhan rumah tangga kami dan kami telah berbagi kiat," katanya.

"Saya merasa seperti ada komunitas yang luar biasa di luar sana yang terdiri dari orang-orang positif yang melihat bahwa bahkan langkah-langkah kecil yang kita semua bisa lakukan dapat memiliki dampak besar."

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris disini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement