Jumat 10 Dec 2021 09:41 WIB

Kasus Pertama Varian Omicron Dikonfirmasi di Virginia, AS

Omicron diidentifikasi untuk pertama kali di Virginia, AS pada Kamis (9/12)

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Covid-19 (ilustrasi). Omicron diidentifikasi untuk pertama kali di Virginia, AS pada Kamis (9/12).
Foto: Pixabay
Covid-19 (ilustrasi). Omicron diidentifikasi untuk pertama kali di Virginia, AS pada Kamis (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, RICHMOND — Kasus infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) yang berasal dari varian Omicron diidentifikasi untuk pertama kali di Virginia, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (9/12). Dalam rilis berita, Departemen Kesehatan Virginia mengatakan varian itu diidentifikasi dalam sampel dari penduduk dewasa di wilayah barat laut negara bagian itu.

Dilaporkan warga dengan kasus ini tidak memiliki riwayat perjalanan internasional. Akan tetapi ia memiliki riwayat perjalanan domestik selama periode paparan.

Baca Juga

Rilis berita tidak mengungkapkan kondisi orang tersebut atau detail tambahan apa pun. Sebuah laboratorium komersial mengidentifikasi Omicron dalam sampel dari penduduk Virginia dan segera memberi tahu departemen kesehatan negara bagian.

Dengan upaya pengawasan gabungan negara bagian dan nasional, departemen menyebut kemungkinan kasus tambahan Omicron akan diidentifikasi. Sebelum kasus terbaru di Virginia, varian baru ini telah terdeteksi di 21 negara bagian atau yurisdiksi AS.

Omicron pertama kali diidentifikasi di Botswana dan Afrika Selatan pada November lalu. Strain dari virus corona jenis baru ini dapat menyebar lebih mudah daripada varian lainnya, bahkan dibandingkan dengan Delta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement