Sabtu 11 Dec 2021 10:59 WIB

Korsel Laporkan Lonjakan Kasus Covid-19 Terburuk Selama Pandemi

Pelonggaran pembatasan dan varian lebih menular buat lonjakan kasus Covid di Korsel

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Orang-orang menunggu untuk mendapatkan pengujian virus corona di tempat pengujian darurat di Seoul, Korea Selatan. Pelonggaran pembatasan dan varian lebih menular buat lonjakan kasus Covid di Korsel. Ilustrasi.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Orang-orang menunggu untuk mendapatkan pengujian virus corona di tempat pengujian darurat di Seoul, Korea Selatan. Pelonggaran pembatasan dan varian lebih menular buat lonjakan kasus Covid di Korsel. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Infeksi Covid-19 di Korea Selatan (Korsel) melebihi 7.000 untuk hari ketiga berturut-turut pada Jumat (10/12). Jumlah ini menjadi lonjakan terburuk sejak awal pandemi dan membuat rumah sakit kewalahan serta menipisnya tenaga kerja perawatan kesehatan.

Korsel telah melaporkan rata-rata harian lebih dari 5.800 infeksi sambil menambahkan lebih dari 41 ribu kasus dalam tujuh hari terakhir saja. Kondisi ini mendorong beban kasus nasional menjadi 503 ribu. Jumlah kematian negara itu mencapai 4.130 setelah 53 pasien Covid-19 meninggal dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga

Para kritikus menyalahkan penyebaran pada kepuasan diri oleh pemerintah. Negara secara dramatis menurunkan aturan jarak sosial pada awal November sebagai langkah pertama menuju pemulihan normal pra-pandemi.

Bahkan ketika kasus mulai melonjak dalam beberapa pekan terakhir, awalnya para pejabat ragu-ragu untuk memperketat jarak sosial. Keterlambatan ini beralaskan kelelahan dan frustrasi oleh publik dengan pembatasan dan dampaknya terhadap mata pencaharian.

Namun varian Delta yang menular mengurangi efektivitas vaksin dan kebanyakan orang berusia 60-an atau lebih masih menunggu suntikan booster, kemudian kasus pertama omikron ditemukan, rasa urgensi menjadi jelas. Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengatakan selama pertemuan virus bahwa negara itu dapat dipaksa untuk mengambil tindakan luar biasa lebih lanjut jika gagal memperlambat penyebaran virus segera.

Pejabat mengeluarkan perintah administratif yang mengharuskan rumah sakit di seluruh negeri untuk menyediakan 2.000 lebih banyak tempat tidur yang digabungkan untuk perawatan Covid-19. Peningkatan kapasitas akan digunakan untuk meringankan tekanan pada rumah sakit di Seoul dan wilayah metropolitan terdekat, di mana sekitar 90 persen unit perawatan intensif telah ditempati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement