Rabu 26 Jan 2022 05:46 WIB

Salju Tebal Lumpuhkan Lalu Lintas Istanbul Turki

Banyak pengemudi terjebak di tengah jalan karena salju tebal di Istanbul Turki

Red: Nur Aini
Hujan salju lebat mengguyur Istanbul, kota terbesar di Turki pada Senin (24/1/2022), menyebabkan pusat perbelanjaan tutup, mengganggu lalu lintas, dan menutup bandara besar di kota itu.
Hujan salju lebat mengguyur Istanbul, kota terbesar di Turki pada Senin (24/1/2022), menyebabkan pusat perbelanjaan tutup, mengganggu lalu lintas, dan menutup bandara besar di kota itu.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Hujan salju lebat mengguyur Istanbul, kota terbesar di Turki pada Senin (24/1/2022), menyebabkan pusat perbelanjaan tutup, mengganggu lalu lintas, dan menutup bandara besar di kota itu.

Dimulai sejak hari sebelumnya, hujan salju lebat pada Senin menyebabkan kemacetan total lalu lintas di distrik kelas pekerja kota Zeytinburnu, Bahcelievler, Sariyer, dan Kagithane di sisi Eropa kota tersebut. Beberapa penumpang kendaraan yang terjebak karena salju tebal nampak harus turun dan berjalan kaki ke stasiun kereta.

Baca Juga

Di Pendik di sisi kota Asia, sebuah truk pemadam kebakaran yang mencoba menyelamatkan sebuah kendaraan malah terjebak di tengah jalan karena salju yang tebal. Sebagian besar sekolah sudah ditutup pada Senin untuk liburan semester dua minggu.

Pemerintah Istanbul mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 1.300 orang tunawisma telah dievakuasi dari cuaca dingin di luar ruangan. Setiap hari pemerintah kota juga mendistribusikan lebih dari dua ton makanan di 500 lokasi untuk hewan liar.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya mengatakan bahwa hujan salju lebat menyebabkan jalanan antar-kota dari barat laut Turki ke Istanbul ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut. Yerlikaya juga mengumumkan bahwa pusat perbelanjaan di seluruh kota akan tutup pada pukul 19:30 waktu lokal.

Pusat penerbangan internasional utama Bandara Istanbul juga ditutup untuk seluruh penerbangan pada Senin karena badai salju. Maskapai penerbangan nasional Turkish Airlines menangguhkan penerbangan di Bandara Istanbul hingga pukul 4 pagi waktu setempat pada Selasa, ungkap pejabat senior Turkish Airlines.

Operasi di Bandara Sabiha Gokcen – bandara Istanbul di sisi Asia kota itu – terus berlanjut, tetapi dengan jumlah penerbangan berkurang 15 persen. Penumpang yang penerbangannya dibatalkan karena pembatalan penerbangan sedang dipindahkan dari bandara ke hotel dengan bus.

Baca: 5 Kabupaten/Kota di NTT Belum Capai 70 Persen Vaksinasi Covid-19

Baca: Pasien Rawat Inap di RSDC Wisma Atlet Bertambah, Total Dekati 3.000 Orang

Baca: Kota Bandung Mulai Tes Covid-19 Acak Siswa dan Guru di Sekolah

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَكُوْنُ فِيْ شَأْنٍ وَّمَا تَتْلُوْا مِنْهُ مِنْ قُرْاٰنٍ وَّلَا تَعْمَلُوْنَ مِنْ عَمَلٍ اِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُوْدًا اِذْ تُفِيْضُوْنَ فِيْهِۗ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَّبِّكَ مِنْ مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ وَلَآ اَصْغَرَ مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْبَرَ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ
Dan tidakkah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al-Qur'an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di bumi ataupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

(QS. Yunus ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement