Ahad 06 Feb 2022 15:13 WIB

Xi Jinping Dukung Target Vaksinasi 70 Persen Populasi Dunia pada 2022

Xi menegaskan komitmen China membantu negara-negara berkembang menghadapi Covid-19.

Red: Ani Nursalikah
 Presiden China Xi Jinping. Xi Jinping Dukung Target Vaksinasi 70 Persen Populasi Dunia pada 2022
Foto: AP/Andy Wong
Presiden China Xi Jinping. Xi Jinping Dukung Target Vaksinasi 70 Persen Populasi Dunia pada 2022

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden China Xi Jinping mendukung target 70 persen vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia hingga pertengahan 2022, seperti yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Komitmen kami untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin Covid-19 ke seluruh sudah terpenuhi pada 2021," katanya saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di Beijing, Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga

Ia kembali menegaskan komitmen China membantu negara-negara berkembang dalam menghadapi Covid-19, serta mendukung program pembangunan berkesinambungan secara global. Ia juga menyampaikan komitmen negaranya menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin secara efisien, aman, dan meriah dengan memberikan fasilitas yang memadai kepada para atlet dari seluruh dunia.

"Dengan dukungan yang solid dari rakyat, China dapat mencapai apa pun tujuannya," ujar pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Beijing Winter Olympic 2022, yang digelar pada 4-20 Februari. "Dunia saat ini butuh kesuksesan Winter Olympic sebagai bentuk pesan kepada dunia bahwa siapa pun orang dari mana pun negara, apa pun perbedaan agama dan etnis mampu menjalin solidaritas dan kerja sama," ujarnya.

Dia sangat perhatian atas kontribusi China dalam menyediakan dua miliar dosis vaksin Covid-19 kepada dunia. Dalam pertemuan tersebut, Guterres juga menekankan China menjadi pilar utama bagi PBB dan multilateralisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement