Senin 16 Apr 2012 12:08 WIB

Birdland: Sarang Musik Jazz di Hamburg

Red: Miftahul Falah
Birdland Stage
Foto: www.jazzclub-birdland.de
Birdland Stage

Waktu menunjukkan pukul 20.30 (GMT+1), meja-meja masih kosong dan ruangan masih terlihat lengang. Panggung sederhana berhiaskan peralatan sound system dengan latar grand piano dan drum kit kecil, mengundang decak kagum bagi pengunjung yang pertama kali singgah di tempat ini. Segilintir orang mondar-mandir di panggung, melakukan persiapan sebuah pertunjukan langsung sederhana.

Suasana remang dengan pencahayaan minim menjadi gaya khas interior sebuah Jazz Club. Kayu menjadi unsur utama di ruangan ini, dengan hiasan torehan cat minyak di atas kanvas menggambarkan sosok-sosok musisi jazz.

Birdland adalah pusatnya musik jazz di Hamburg. Birdland mempunyai program pertunjukan yang bervariasi mulai dari aliran swing, mainstream, bebop, latin hingga modern dengan format solo, trio, quartet hingga big band. Lokasinya berada di basement toko musik Birdland. Lantai dasar berisikan berbagai peralatan dan perlengkapan musik yang bisa dijumpai pada grup musik jazz, seperti woodwinds, horns, piano, drum, dll.

Pertunjukan dijadwalkan mulai pukul 21.00 (GMT+1). Meja dan tempat duduk yang terbatas terkadang menjadi kendala bagi penikmat jazz di Birdland. Datang awal menjadi sebuah keharusan jika ingin memanjakan telinga dengan kenyamanan maksimal di tempat ini. Tak jarang, pengunjung rela duduk di tangga kecil di lorong atau di pinggiran-pinggiran tonjolan pada dinding sambil memegang gelas di tangannya.