Jumat 06 Jul 2012 21:05 WIB

Wow, Pelajar Indonesia Lolos ke Final Cambridge English Best Young Speaker

Red: Heri Ruslan
Universitas Cambridge
Foto: planetware.com
Universitas Cambridge

REPUBLIKA.CO.ID, CAMBRIDGE -- Pelajar Indonesia berhasil lolos ke babak final Cambridge English Best Young Speaker From Asia Competition 2012. Dalam kompetisi yang digelar Cambridge ESOl Examination ini, Cecilia Sherly, harus bersaing dengan pelajar dari Cina, Hong Kong, India, Korea, Jepang, Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

"Sherly menyampaikan presentasi tentang keuntungan dan kerugian penyelenggaraan Olimpiade 2012 di London," ujar Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia  (KBRI) untuk Inggris Raya dan Irlandia Utara, Prof T A Fauzi Soelaiman yang ikut mendampingi Siswi Sekolah Harapan Bangsa Kotamodern, Tangerang itu, di University of Cambridge, Kamis (5/7) waktu setempat.

Perjalanan Sherly, untuk bisa ikut berkompetisi di salah satu universitas terbaik di dunia itu tidaklah mudah. Proses seleksi kompetisi ini sudah dimulai sejak Desember 2011 lalu.

Bermula dengan undangan yang disebarkan di sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum Cambridge untuk ikut serta dalam kompetisi tersebut. Masing-masing sekolah akan memilih kandidiatnya lalu ratusan siswa dan siswi yang telah ditunjuk tersebut harus mengikuti seleksi tahap pertama berupa ujian tertulis yang menguji kemampuan bahasa Inggris mereka.