Selasa 04 Sep 2012 16:03 WIB

WNI di Hawaii pun tak Melewatkan Momen Ini

Red: Miftahul Falah
Serunya lomba makan kerupuk di Hawaii.
Foto: Ismail Sulaiman
Serunya lomba makan kerupuk di Hawaii.

 

Minggu (26/8) merupakan hari spesial di Honolulu, Hawaii, karena ada event Halal bi Halal dan Perayaan HUT Republik Indonesia ke-67. Acara yang digelar di sebuah aula ini menjadikan ruang tersebut semerbak dengan warna merah putih.

Acara dimulai dengan sambutan oleh panitia. Kemudian teman-teman yang baru datang ke Hawaii pun diperkenalkan.

Acara dilanjutkan dengan pentas defile oleh berbagai kalangan, mulai dari dewasa, remaja hingga anak-anak. Mereka memakai pakaian ala masa perjuangan, dengan diiringi aneka lagu perjuangan serta puisi. 

Setelah acara pentas selesai, lanjut ke icip-icip masakan Indonesia yang disediakan oleh warga. Sudah sekian lama rasa rindu dengan menu masakan Indonesia, akhirnya terbalas jua.

Satu persatu saya telusuri makanan yang disajikan, mulai dari makanan ringan seperti kue-kue kering, nastar, kerupuk, rempeyek hingga bubur ketan hitam pun tersedia. Masakan ala nusantara semua tersedia dan siap untuk dicoba. Terobati rasa rindu ketika hadir di acara rakyat ini. 

Ratusan pengunjung berdatangan sejak pagi dari berbagai penjuru kota di Hawaii. Selain menikmati jenis makanan, sekaligus wadah menyambung silaturrahim sesama anak bangsa di perantauan.

Acara Halal bi Halal dan Perayaan HUT RI ini merupakan acara tahunan, yang dilaksanakan oleh warga Indonesia yang menetap di sini. Selain menikmati makanan, kita juga menikmati beraneka hiburan dan permainan tradisional seperti, lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke botol, lomba bawa kelereng, tarik tambang, dan lomba balap karung. Tari poco-poco, Sajojo dari Papua dan lagu "Kopi Dangdut" pun tak ketinggalan menambah kemeriahan acara, di mana semua warga ikut bernyanyi dan bergoyang bersama.

Semua membaur menjadi satu, sambil menikmati suasana cerahnya Hawaii dan keceriaan bersama di antara kita. Acara sangat  berkesan karena dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga warga Amerika yang sudah sangat mengenal Indonesia.

Keseluruhan acara berlangsung dengan sukses. Sore pun tiba dan masyarakat beranjak kembali ke tempat masing-masing, tentunya dengan perasaan bermacam-macam tentang kerinduan akan negeri tercinta. Teruntai kata-kata indah dalam sebuah lagu, "di sana tempat lahir beta.. Dibuai dibesarkan bunda.. Tempat berlindung di hari tua.. Sampai akhir menutup mata..”

Salam Merdeka dari negeri Aloha!

Ismail Sulaiman

Dosen STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Aceh

Asia Pacific Leadership Program

East West Cente, Honolulu, Hawaii

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement