Rabu 01 Feb 2012 11:42 WIB

Lesson Study ala Jepang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Red: Miftahul Falah
Ilustrasi
Ilustrasi

 

Jum’at, 30 September 2011, sejak jam dua siang, saya beserta dua orang teman satu lab sudah sampai di SD Ogawa, Kota Kariya, Jepang. Kami diundang oleh dosen pembimbing di kampus, untuk ikut menyaksikan proses Lesson Study yang akan diadakan di sekolah itu.

Kira-kira jam dua lewat sepuluh menit, kami dipersilakan untuk langsung menuju kelas, tempat akan berlangsungnya Lesson Study. Di sana sudah berkumpul kepala sekolah, Dr. Hiroyuki Kuno dari Aichi University of Education, dan sekitar dua belas orang guru yang bertugas sebagai observer dalam penelitian itu.

Seorang guru perempuan mulai mengajarkan ”Pendidikan Moral” kepada anak-anak kelas satu. Materi yang diajarkan saat itu adalah tentang berbohong. Ibu guru memulainya dengan membuat kuis, ”Coba tebak, apa yang ada di dalam kantong celana ibu guru?”  Anak-anak sibuk menebak isi kantong ibu guru yang menggelembung besar.