Kamis 15 Dec 2016 01:09 WIB

Milad Rasul Segala Zaman (SAW)

Red: Agus Yulianto
Imam Shamsi Ali
Foto: AP/Seth Wenig
Imam Shamsi Ali

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Imam Shamsi Ali*

Bulan ini adalah salah satu bersejarah dalam Islam. Yaitu kelahiran seorang lelaki yang kelak menjadi pemimpin dunia. Tentu pemimpin dalam arti yang umum sekaligus khusus. Secara umum karena beliau dihormati, disegani, dihormati, sekaligus dicintai begitu bangak manusia. Khusus karena beliau adalah seorang rasul yang tidak saja diutus kepada kaum tertentu. Tapi, untuk seluruh manusia (kaafatan linnaas).

Muhammad (SAW) sang rasul terakhir yang diutus sebagai "rahmah" bagi seluruh kalangan. Dia adalah manusia biasa (basyar), tapi beliau tidak layaknya manusia. "Beliau bagaikan mutiara, dan manusia lainnya adalah bebatuan". (Pepatah Arab).

Beliau tidak saja dikenal sebagai "khatam an-Nabiyyin" (seal of the prophets). Diutus ke seluruh kalangan manusia (kaafatan linnas). Beliau adalah rasul dan nabi bagi semua bangsa dan suku (syu'uub wa qabaa'il). Dan yang terpenting beliau adalah "sayyidul mursaliin" (penghulu para rasul), dan satu-satunya yang akan diberikan hak syafaat di hari penghisaban.