Senin , 15 Dec 2014, 09:00 WIB
Pemain Catur Muda Harumkan Nama Indonesia
Catur

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Putra-putri bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia di kacah dunia. Kali ini prestasi datang dari tim catur pelajar Indonesia yang meraih gelar juara umum dalam kejuaraan catur dunia, World Schools Chess Championships 2014 di Juiz de Fora, Brasil.

Dalam kejuaraan dunia catur itu, Indonesia berhasil menyabet empat medali emas, tiga medali perak dan satu perunggu. Medali emas itu masing-masing diraih oleh Novendra Priasmoro di kelompok putra open U-15, Medina Warda Aulia kelompok putri U-17, Afifa Ayyun Faruq di kelompok putri U-15 dan Paulina Theodora Walukow di kelompok putri U-11.

Sebagian besar peserta dalam tim catur pelajar Indonesia terdiri dari para juara dan hasil seleksi dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2014. Pembinaan terhadap mereka dilakukan sejak dini, yaitu sejak ajang O2SN 2014, kemudian dilakukan pembinaan secara intensif setelah penyelenggaraan O2SN 2014.

Kejuaraan Catur Pelajar Dunia ke-10 ini diikuti 27 negara. Tahun ini adalah tahun ke-7 Indonesia mengirimkan timnya. Kejuaraan dunia antarpelajar ini dilakukan sebagai kerja sama antara Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud bersama Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (Percasi)

Reporter : niken paramita
Redaktur : Taufik Rachman
BERITA TERKAIT