REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata berkolaborasi aktif dengan global company yang berpotensi mengangkat brand Wonderful Indonesia. Salah satunya adalah Galeries Lafayette Department Store, Pacific Place SCBD Jakarta. Kebetulan mal di One Pacific Place itu sedang menggelar event: Summer Break 2016.
"Joint promo ini bagus, saling mengendorse, saling promosi," kata Menpar Arief Yahya, di Jakarta.
Kolaborasi ini dinilai pas untuk menggaungkan branding Wonderful Indonesia yang dimulai pada tanggal 20 Juli 2016. Tujuannya untuk mendukung pergelaran keragaman budaya Indonesia, dengan mengundang dan menampilkan karya–karya seni dan fashion terbaik Indonesia. "Mereka punya own media berjaringan global yang sudah pasti akan juga mempromosikan programnya secara internasional juga," kata Arief Yahya.
Selain itu Wonderful Indonesia juga menampilkan 15 destinasi terbaik Indonesia, diantaranya Bali, Lombok, Labuan Bajo, Flores, dan Pulau Komodo. Promosi Wonderful Indonesia bersama Galeries Lafayette Jakarta ini sendiri merupakan salah satu dari sejumlah promosi lain yang terus dilakukan Kementerian Pariwisata dengan gencar di dalam negeri dan luar negeri.
Kerja sama ini dihaapkan mampu meningkatkan kesadaran dan menarik perhatian akan potensi pariwisata domestik Indonesia, tentunya untuk meningkatkan brand awareness Wonderful Indonesia. Seperti diketahui, branding merupakan salah satu unsur konsep BAS (branding-advertising-selling) yang menjadi strategi inti dalam kegiatan promosi Kemenpar.
Menteri Arief Yahya menyambut baik promosi Wonderful Indonesia di Galeries Lafayette Department Store, Pacific Place. "Melalui penyeleggaraan even summer break merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan karena event seperti ini memberikan direct impact dan media value yang tinggi,” ungkapnya.
Menpar juga mengapresiasi Galeries Lafayette Department Store – Pacific Place yang ikut serta mengekspos Wonderful Indonesia. Menteri Pariwisata menjelaskan akan all out mengerahkan daya upaya dalam rangka menjual Wonderful Indonesia untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan mancanegara ke Indonesia.
Pada Summer Break kali ini, Galeries Lafayette berkontribusi dalam dukungannya terhadap Indonesia melalui kolaborasi bersama sejumlah desainer dan seniman terkemuka Indonesia. Kolaborasi yang diwujudkan antara lain Iconic Indonesian Designer’s Corner, sebuah area eksklusif yang akan dipenuhi oleh berbagai sentuhan desain Indonesia yang menginspirasi dengan skala internasional.
Kedua, Various Affordable to Premium Collection, sejumlah koleksi-koleksi yang cocok dengan budaya Indonesia dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan pelanggan di Indonesia. Ketiga, ARTmosphere, sebuah perayaan seni yang belum pernah dilihat sebelumnya ini akan diselenggarakan oleh Galeries Lafayette Jakarta menampilkan Seniman dan Desainer Indonesia.
Selain mempromosikan destinasi wisata terbaik di Indonesia, Galeries Lafayette dengan jaringan internasionalnya merupakan platform terbaik untuk mempromosikan destinasi Indonesia kepada para pengunjung galeri.
Posisi branding Wonderful Indonesia sendiri saat ini berada di peringkat 47, mengalahkan Thailand (83) dan Malaysia (96) untuk Country Brand Strategy rating (WEF TTCI). Hadir dalam launching di Galeries Lauvayette itu adalah COO Galeries Lavayette Indonesia Jakarta Mathias Mamodbay, Deputi BP3M I Gde Pitana dan juga Corporate PR, Sales, CRM Director of Panen Lestari Internusa Arnolda Ratnawati.