REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pariwisata kembali promosi pariwisata Indonesia ke level dunia. Kali ini, para blogger dan influencer Eropa, Amerika dan Afrika diundang melakoni Trip of Wonders 2016. Semua diajak berpetualang ke tempat-tempat eksotis di Bandung, Yogyakarta dan Jawa Tengah, Raja Ampat serta Lombok. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutnya sebagai endorser, yang berpengaruh kuat pada followers dan friends-nya di media sosial.
Strategi Media yang dilakukan Menpar Arief Yahya memang sedikit berubah komposisinya. Antara Paid Media, Own Media, Social Media dan Endorser Media mulai dioptimalkan. “Branding kita sudah kuat, mendunia dan terus dirawat agar semakin kuat. Kini saatnya memperkuat advertising dan selling,” kata Menpar Arief Yahya.
Di Bandung, Yogyakarta dan Jawa Tengah, Raja Ampat serta Lombok, semua rombongan diajak merasakan denyut nadi kehidupan selama 24 jam. Kuliner, belanja, destinasi wisata, tempat kongkow, semua dilakoni. Makan di café, restoran tradisional, hingga menginap di hotel berbintang bercorak tradisional, semua ikut dirasakan. Acaranya berlangsung 12 hari mulai 26 September, berakhir 8 Oktober 2016.
Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan sebanyak 25 travel blogger, photografer, adventure, dan lifestyle blogger dari beragam negara ikut dilibatkan jadi endorser Wonderful Indonesia. Komposisinya, Amerika Serikat (7 orang), Inggris (5 orang), Jerman (1 orang), Prancis (4 orang), Belanda (2 orang), Afrika Selatan (1 orang), Spanyol (1 orang), Brazil (2 orang), Polandia (1 orang) dan Hungaria (1 orang). Semuanya punya banyak follower di dunia maya.
“Semakin banyak endorser seperti ini yang dilibatkan, akan kian banyak wisman yang datang. Semua kisah perjalanan, foto dan video menarik akan langsung diposting di akun masing-masing yang punya banyak follower,” ujar Giri.
Dan sampai setengah perjalanan, sudah banyak respon positif dari 25 travel blogger, photografer, adventure, dan lifestyle blogger yang diundang. Semuanya happy saat diajak berpetualang ke five of wonders yang terdiri dari natural wonders, cultural wonders, sensory wonders, modern wonders dan adventure wonders.
“Semuanya kami perkenalkan dengan beragam pilihan pantai yang indah, keramahan warga lokal, seni budaya yang menginspirasi, kuliner lokal yang lezat hingga keindahan panorama alam,” kata Giri.
Di Bandung misalnya. Saat plesiran ke Kota Kembang, semuanya diajak mengeksplor Bandung, kota yang sudah ditetapkan sebagai kota kreatif dunia. Semuanya diajak merasakan sensasi wisata belanja berkelas dengan harga super murah di Rumah Mode dan Mall Paris van Java.