Sabtu , 14 Nov 2015, 12:32 WIB

TNI-AD Tanam Kedelai di Kaimana

Red: Taufik Rachman
Pencanangan gerakan peningkatan produktivitas kedelai  (ilustrasi)
Pencanangan gerakan peningkatan produktivitas kedelai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KAIMANA -- Komando Distrik Militer (Kodim) 1713/Kaimana dan Pemerintah Daerah menggelar pencanangan Gerakan Penerapan Tanaman Terpadu (GP-PTT) dan optimasi Perluasan Areal Tanam melalui Peningkatan Indeks Pertanian (PATPIP) guna mendukung program pemerintah mencapai swasembada pangan.

"Kegiatan itu dilaksanakan di Ladang Kedelai Jembatan Biru Kaimana pada Jumat (13/11) pagi," kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR, di Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Pada momentum itu, Dandim Kaimana yang diwakili oleh Danramil 1713-01/Kaimana Kota Kapten Inf Hardiman, kata Teguh, menyempatkan diri berbaur dengan masyarakat dan unsur Forkompimda serta kelompok tani yang ada di Kaimana melakukan penanaman kedelai bersama-sama.

"Kegiatan itu dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah sesuai Instruksi Presiden RI dan pokok-pokok kebijakan KASAD tentang ketahanan pangan dalam mendukung program pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia," katanya.

Disamping itu, Kodim 1713/Kaimana, ungkap Teguh, juga mengerahkan 74 orang Babinsanya untuk memberikan bimbingan dan pendampingan pertanian serta membantu mengolah lahan tidur maupun lahan yang sudah diolah kepada para petani agar mendapatkan hasil panen maksimal.

"Ke-74 Babinsa ini disebar ke seluruh wilayah Kaimana guna membantu para petani. Harapannya pada musim panen nantinya hasil yang didapat para petani dapat meningkat, sehingga program pemerintah tentang ketahanan dan swasembada pangan dapat terealisasi dengan baik serta meningkatkan tarap hidup para petani," katanya.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan