Selasa 25 Sep 2018 00:12 WIB

Debat Kusir, Belajar dari Jawaban Cerdas Agus Salim

Debat kusir asal bicara tanpa kecerdasan tak akan memberikan pencerahan komprehensif

Red: Karta Raharja Ucu
Agus Salim
Foto: Istimewa
Agus Salim

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ady Amar

Melihat perdebatan para politisi atau pemihakan pengamat politik yang tampak kasat mata di televisi, yang ada justru menampakkan sikap tidak simpatik dan hanya menampilkan adegan menang-menangan dari lawan bicaranya. Debat kusir asal bicara, tanpa kecerdasan dan apalagi kualitas bangunan narasi yang disampaikannya, tentu tidak akan dapat memberi pencerahan komprehensif pada publik, tetapi justru mengajarkan pada anak-anak dan remaja kita perilaku tidak terpuji.

Acap dengan tidak malu-malu, kita bisa lihat sikap pembelaan pada pihak yang 'mengupahnya' menampakkan perangai arogan, sok jagoan yang siap berkelahi sekalipun dengan lawan bicaranya, bak preman pasar. Adegan memalukan di salah satu televisi swasta dalam acara talk show, berkenaan dengan perdebatan soal 'sah tidaknya' #2019GantiPresiden, antara Ali Mokhtar Ngabalin yang hadir di studio dengan Mahendradatta (pengacara) lewat sambungan telepon.

Ali, yang selaku juru bicara pemerintah, dengan entengnya menantang Mahendradatta untuk datang ke studio. Dan karena sikapnya itu, Mahendradatta tidak meladeni dan menutup sambungan teleponnya.