Kamis 12 Sep 2019 09:16 WIB

Habibie Mempersiapkan SDM Unggul untuk Indonesia

Habibie mempersiapkan SDM terbarukan untuk bangsa Indonesia.

Red: Karta Raharja Ucu
Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) B.J Habibie saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman B.J Habibie di Jakarta, Rabu (15/6).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) B.J Habibie saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman B.J Habibie di Jakarta, Rabu (15/6). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Bimo Joga Sasongko, Ketua Umum Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE)

Presiden ketiga RI BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9), pukul 18.05, di RSPAD Gatot Soebroto. Pemerintah menyatakan berkabung nasional selama tiga hari, dimulai sejak hari ini hingga Sabtu (14/9) mendatang. Pemerintah dan pihak ahli waris berkoordinasi tentang prosesi pemakaman BJ Habibie yang direncanakan berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Baca Juga

Salah satu legasi BJ Habibie yang sangat penting bagi kelangsungan bangsa Indonesia adalah pemikiran beliau terkait terobosan untuk membentuk SDM bangsa yang terbarukan. SDM yang mampu mengendalikan semangat zaman dan bersaing dalam menciptakan nilai tambah di segala bidang, yakni SDM yang mumpuni dalam bidang iptek dan proses inovasi.

photo
BJ Habibie saat dilantik menjadi presiden.

SDM terbarukan, menurut presiden ketiga RI BJ Habibie, memiliki daya kreatif dan inovasi yang lebih unggul dari generasi sebelumnya. Keniscayaan pertumbuhan ekonomi dunia dan masalah krusial kemasyarakatan membutuhkan bermacam inovasi sebagai solusinya.