Sabtu 13 Nov 2021 10:30 WIB

La Nina dan Nasib Petani

Kerugian karena La Nina bisa mengakibatkan kerusakan berat bagi sektor pertanian.

Red: Nur Hasan Murtiaji
Pekerja membersihkan kanal di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (3/11/2021). Pembersihan kanal tersebut sebagai salah satu upaya mengantisipasi terjadinya banjir seiring adanya peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait potensi curah hujan yang tinggi di sejumlah daerah akibat adanya fenomena La Nina yang diprakirakan terjadi pada akhir tahun 2021
Foto: Antara/Arnas Padda
Pekerja membersihkan kanal di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (3/11/2021). Pembersihan kanal tersebut sebagai salah satu upaya mengantisipasi terjadinya banjir seiring adanya peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait potensi curah hujan yang tinggi di sejumlah daerah akibat adanya fenomena La Nina yang diprakirakan terjadi pada akhir tahun 2021

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: RiyonoKetua DPP PKS Bidang Tani dan Nelayan

 

 

Pandemi masih menjadi ancaman serius bagi semua sektor. Bisa jadi gelombang ketiga akan terjadi jika abai terhadap protokol kesehatan.

Belum usai Covid-19, kita sudah dihadapkan kepada bencana hidrometeorologi yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang lahirnya La Nina pada akhir tahun 2021.

La Nina merupakan fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan yang lebih tinggi. La Nina juga merupakan anomali sistem global yang cukup sering terjadi dengan periode ulang berkisar antara dua sampai tujuh tahun.

La Nina di wilayah Jawa Tengah diprediksi akan berdampak pada peningkatan intensitas curah hujan kisaran 20 - 70 persen di atas normal. Akibatnya, bencana banjir dan longsor akan dominan di sepanjang 2021 akhir sampai 2022. 

Kerusakan hebat 

Wajah ganas La Nina sudah membuktikan dirinya. Kasus longsor di daerah Kota Batu, Jawa Timur, memberikan peringatan serius bahwa La Nina menjadi ancaman serius bagi semua lini, bukan hanya sektor infrastruktur. Pertanian menjadi sektor yang terdampak, kerusakan lahan pertanian, target hasil panen terganggu, kerugian ekonomi, bahkan hilangnya nyawa petani.

Kerugian karena La Nina bisa mengakibatkan kerusakan berat bagi sektor pertanian, sehingga perlu antisipasi ketahanan pangan secara nasional.

Kerusakan hebat yang diakibatkan oleh si "gadis kecil" ini harus diantisipasi oleh pemerintah sejak sekarang. Alarm bahaya sudah harus dinyalakan sejak sekarang, tidak nunggu terjadinya korban bahkan kerugian yang melanda petani di perdesaan.

Uji coba dan simulasi serta pemetaan dampak La Nina di sektor pertanian mutlak dilakukan agar bisa diantisipasi sejak dini. Misalnya, berapakah lahan pertanian yang terkena dampak?

Berapa tonase panen yang akan hilang? Bahkan ekstrem perlukah melakukan "impor" pangan jika kondisi kerusakan memang hebat. Sebuah agenda penting mengantisipasi kerusakan hebat akibat ulah "si gadis kecil" yang sedang merajuk karena kondisi alam yang semakin akut. 

Ketangguhan nasib petani 

Bencana hidrometeorologis berupa La Nina ini akan membuat susah petani dan bisa mengancam cadangan pangan nasional di level terendah, yaitu keluarga, khususnya petani. Akibat pandemi membuat kebutuhan tinggi dan pemasukan berkurang. Jangan lagi karena La Nina kondisi petani akan semakin susah karena gagal panen. 

Perlunya antisipasi penanggulangan dari petani dan pemerintah. Kesadaran petani akan pengetahuan terkait La Nina wajib dikuatkan agar bisa mengantisipasi sejak dini.

Sosialisasi berbagai rencana penanggulangan harus diberikan kepada kelompok tani. Petani harus menjadi objek utama terhadap penanggulan dini bencana La Nina ini. 

Berikutnya adanya early warning system berbasis teknologi yang digunakan untuk pemantauan sikon pergerakan La Nina harus hadir di pusat-pusat pertanian perdesaan. Ancaman utama bagi nasib petani adalah adanya banjir yang bisa merusak panen total. Adanya pantauan real time bisa memberikan informasi kondisi cuaca dan potensi curah hujan yang bisa akibatkan banjir.

Terakhir adalah jaminan asuransi untuk hasil panen petani. Asuransi memberikan kenyamanan dan ketenangan petani, pemerintah perlu menjamin ketersedian pangan dengan membeli hasil panen petani dan bahkan menjamin akan mengganti hasil panen jika terkena La Nina.

Ketangguhan sikap petani yang sudah biasa dengan kondisi apapun harus dikuatkan oleh pemerintah melalui langkah nyata dan produktif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement