REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain belanja online, tren bisnis yang mengubah kendaraan menjadi etalase belanja (mobile business) juga terus berkembang. Jika belanja online menawarkan efektifitas serta kemudahan dalam belanja, mobile business memberikan pengalaman lebih.
Pelanggan dapat melihat secara langsung produk, kemasan serta penyajian yang mengedepankan kualitas dan kreatifitas. Salah satu yang perkembangannya cukup tinggi dalam bisnis model ini adalah kuliner atau yang biasa dikenal dengan food truck.
Melihat perkembangan tren inilah yang jadi latar belakang berdirinya Organisasi Mobil Bisnis Indonesia (OMBI).
"Kita berdiri dari bulan Mei silam. Tujuan kita untuk mempertahankan tren bisnis ini agar dapat bertahan dan berjalan lancar serta berkembang," ujar Siauw Ferry Lee, Head of Organization OMBI kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.
Menurut Ferry, melalui organisasi ini diharapkan bisnis model ini dapat berkembang dengan baik, terutama dalam mengubah paradigma bahwa mobile business tidak harus menjual produk makanan (kuliner).
"Jadi kita juga ingin mengubah paradigma bahwa bisnis ini tidak hanya food truck, tapi juga untuk fesyen dan produk lain," kata dia.
Hingga saat ini OMBI telah memiliki anggota hingga 70 pewirausaha yang tersebar di Jakarta dan Bandung. Menurut Ferry, kedepannya ia menargetkan anggota OMBI terus bertambah dan meningkat hingga ratusan.
"Karena komitmen kami sangat jelas, kita juga punya AD/ART dan rules regulation yang baku. Kita berharap tren bisnis ini berjalan lancar dan terus berkembang," kata dia.