Kamis 29 Sep 2016 08:02 WIB

Wayang Orang 'Airlangga Sumbaga Wiratama' Sukses Pukau Penonton

Red: Hazliansyah
Pementasan wayang orang Airlangga Sumbaga Wiratama’
Foto: IST
Pementasan wayang orang Airlangga Sumbaga Wiratama’

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Teater Wayang Indonesia dan Yayasan Kertagama sukses memukau penonton melalui pertunjukan pergelaran seni Wayang orang. Selama kurang lebih dua jam, pentas berjudul ‘Airlangga Sumbaga Wiratama’ ini sukses membawa penonton tetap patuh mengikuti alur cerita, babak demi babak.

“Melalui cerita wayang kita dapat mengenal karakter manusia dari berbagai multi dimensi. Cerita Wayang dapat berkontribusi bagi pembentukan karakter. Meretas nilai-nilai inti luhur rohani manusia, agar dapat mengendalikan diri dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan,” kata Dr. Sri Teddy Rusdi, sebelum pertunjukan berlangsung di Teater Kautaman Gedung Pewayangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, akhir pekan kemarin.

Tak kurang dari 50 seniman dari berbagai disiplin seni terlibat pada pergelaran yang diprakarsai seniman dan budayawan, Dr. Sri Teddy Rusdi ini. Beliau juga bertindak sebagai Penulis Cerita (Penyusun Naskah). Bertindak sebagai Dalang, Ki Edi Sulistiyono, S.Sn, M.Hum, Sutradara, Ali Marsudi, S.Sn, Asisten Sutradara Agus Prasetyo, S.Sn, Penata Musik, Untoro, S.Sn, dan Penata Artistik Agus Linduaji.

Menyoal lakon ‘Airlangga Sumbaga Wiratama,’ Sri Teddy Rusdi menegaskan, cerita ini sangat relevan dengan konteks kekinian. Kerajaan Kahuripan yang dipimpin Raja Airlangga menganut sistem ekonomi terbuka dengan perdagangan bebas. Airlangga dikenal sebagai sang pembaharu pada masanya, karena kecemerlangan pemikirannya di bidang politik, kemaritiman, ekonomi, pertanian, sosial budaya, dan keagamaan.