Jumat 12 Aug 2011 13:19 WIB

Sembelit Saat Kehamilan

Red: Mohamad Afif
sembelit/ilustrasi
Foto: corbis.com
sembelit/ilustrasi

Pertanyaan :

Saya tengah hamil 32 minggu dengan kondisi sering merasakan sembelit. Terkadang saya sering takut karena sembelit tersebut membuat saya merasa mual dan sakit perut, apakah yang perlu dilakukan dok dalam hal ini agar saya bebas dari sembelit tersebut? Adakah makanan tertentu yang harus jadi menu konsumsi agar tidak sembelit kembali? Atau adakah kegiatan tertentu yang harus dilakukan berkaitan dengan kasus ini? Terima kasih ya dok, salam.

Yanti,28 tahun - Depok

Jawaban :

Hi Ibu Yanti yang sedang menanti kehadiran sang buah hati, selamat atas kehamilannya ya bu. Fenomena Konstipasi atau disebut sembelit adalah bentuk kelainan pada sistem pencernaan. Dimana kondisi tersebut dapat ditandai dengan gejala sakit pada bagian perut dan susah (buang air besar) -BAB. Pada masa kehamilan seperti yang Ibu Yanti alami, seiring dengan pertambahan berat janin maka kondisi rahim seorang ibu tengah dalam kondisi yang membesar.

Pada kondisi tersebut, dimana kondisi rahim yang membesar kearah belakang akan dapat menekan usus sehingga menimbulkan kondisi sembelit. Pada reaksi yang berbeda, dimana rahim membesar kearah depan, akan membuat penekanan pada kandung kemih sehingga menyebabkan terjadinya gejala seperti sering buang air keci. Dalam hal ini gejala tersebut alamiah dan normal.

Namun demikian, ada beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala tersebut, seperti diantaranya :

- Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, akan dapat membantu mengurangi gejala yang ibu rasakan,

- Pola hidup dengan berolahraga ringan seperti senam hamil maupun jalan kaki dapat mereduksi gejala sembelit bagi ibu.

-Sang Ibu harus memenuhi kebutuhan akan mineral dengan minum air 6-8 gelas perhari, ditambah dengan menjaga agar kebiasaan untuk tidak menunda saat keinginan BAB muncul.

Ada baiknya bila memang bila kondisi tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama dan terasa mengganggu, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter kandungan Ibu sehingga akan lebih tepat diagnosa dalam observasi sesuai dengan keluhan yang Ibu Yanti hadapi. Semoga segera bisa "Plong" ya bu dan tidak sembelit lagi, salam. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement