Rabu 06 Feb 2013 09:11 WIB

Karier Mandek Bikin Stres, Solusinya?

Red: Endah Hapsari
Karier mandek bisa bikin stres/ilustrasi
Foto: mnn.com
Karier mandek bisa bikin stres/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu, minta bantu sarannya. Saya seorang karyawan lebih dari 10 tahun bekerja di satu perusahaan, tapi rasanya karier saya mandek tidak berkembang. Apa saya perlu pindah bekerja atau bagaimana ya Bu? Apakah bisa saya masih memiliki potensi lain? Karena saya selalu khawatir akan masa depan saya dan keluarga. Saya stres dengan kondisi ini Bu. Terima kasih sebelumnya.

G (35 tahun)

Bekasi

Jawaban:

Kepada yang terhormat Bapak G yang gundah dengan karier yang mandek, Bapak G. Berdasarkan uraian yang diberikan, sekarang berusia 35 tahun dengan bekerja sudah lebih dari 10 tahun. Berarti mulai bekerja di perusahaan tersebut sejak usia kurang dari 25 tahun. Tentu yang mengerti betul kondisi kemampuan adalah Bapak G sendiri. Tentu secara reflektif harus bisa memulai mengukur diri sendiri, serta mampukah bekerja yg lebih optimal? Karena kepuasan kerja itu muncul karena hasil dari penilaian hasil kerja.

Bagaimana kinerja Bapak selama lebih 10 tahun itu apakah sama atau monoton seperti 10 tahun yang lalu? Ataukah ada usaha peningkatan? Karena manajemen tentu memiliki indikator dalam penentuan penilaian kinerja karyawan untuk meningkatkan karier karyawan.

Di samping itu, tentu juga akan dilihat faktor usaha serta kemampuan dan kemauan karyawan tersebut. Tunjukkan pada atasan bahwa Anda MAMPU melaksanakan tugas dan tanggung jawab LEBIH dari yang diberikan sekarang ini.

Bila manajemen melihat atau menilai Bapak TIDAK mampu diberikan tanggung jawab yang lebih maka manajemen tentu akan memandang percuma, dan akhirnya tidak diperhatikan.

Nah, kenyataannya adalah manajemen tidak mau mengeluarkan dan Bapak G sendirilah yang merasa terdapat ketidaknyamanan dalam bekerja, inilah yang disebut dengan tidak memiliki kepuasan kerja.

Namun bila Bapak G bekerja dengan tulus iklas dan berusaha mengembangkan kemampuan diri, maka sudah barang tentu manajemen akan memberikan pengembangan karier yang sesuai dan bersangkutan dengan peningkatan jenjang karier serta tanggung jawab pekerjaan yang lebih tinggi. Perkembangan tugas dan wewenang tersebut tentu saja akan selaras dan seimbang dengan kenaikan pendapatan yang akan diterima.

Pilihan Bapak G untuk pindah atau keluar dari pekerjaan yang sekarang pun TIDAK AKAN MENJAMIN bisa mendapatkan karier yang terus meningkat bila tidak diimbangi dengan kemauan serta kemampuan untuk lebih mengembangkan diri.

Dengan pengalaman bekerja Bapak G sudah lebih dari 10 tahun bekerja pada perusahaan tersebut tentunya sudah harus bisa memahami/ mengetahui keadaan/ situasi manajemen perusahaan tersebut.

Namun demikian, tentu saja bila Bapak melihat peluang di luar yang lebih baik dan mampu mengemban tugas tanggung jawab tersebut, Kenapa tidak pindah ke perusahaan yang lebih baik? Jawabnya adalah BOLEH-BOLEH saja, pindah pekerjaan disertai dengan keyakinan bahwa bapak MAMPU meningkatkan kinerja bapak adalah hal yang baik dan positif.

Hal dasar dan sederhana yang dapat dilakukan adalah meningkatkan terus, serta mengembangkan kemampuan dan perbaiki kinerja bapak Niscaya pihak Perusahaan akan mempertimbangkan. Bila Bapak G bertanya masih memiliki potensikah aku? Perlu dilakukan konseling dan penilaian minat serta bakat oleh pihak profesional termasuk melihat karakter psikologi bapak dalam pekerjaan. Dalam hal ini dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog Anda. Demikian semoga bermanfaat untuk bapak G.

Anastasia Sri, M M.Psi

Psikolog di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement