Kamis 21 Feb 2013 12:13 WIB

Anak Terus-menerus Diare, Mengapa?

Penyakit diare (ilustrasi).
Foto: xamthon.net
Penyakit diare (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Hi dok, saya Riana hendak konfirmasi mengenai anak saya. Kenapa ya Dok anak saya belakangan ini terus diare? Seminggu yang lalu sampai sekarang masih diare. Sudah dibawa ke dokter dan minum air daun jambu juga sudah, namun diarenya belum selesai juga. Terima kasih atas informasinya. 

 

Riana (22 tahun)

Jawaban:

Salam hangat untuk Ibu Riana, pasti bila sang buah hati dalam kondisi yang tidak nyaman maka kita sebagai orang tua pasti selalu waswas ya. Semoga sang anak saat ini telah kembali pulih. Patut diketahui agar kita selalu waspada, bahwa problem Diare dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti virus, bakteri, parasit, jamur, malabsorbsi atau karena alergi.

Beberapa di antara jenis penyebab diare tersebut, khususnya untuk diare karena virus dapat sembuh dengan sendirinya, sesuai dengan pulihnya selaput lendir pada usus. Sedangkan untuk diare yang disebabkan karena bakteri atau parasit, maka akan memerlukan terapi spesifik untuk kuman penyebabnya.

Apakah anak ibu telah diperiksa tinjanya untuk melihat penyebab diarenya? Karena dengan mengetahui hasil pemeriksaan penunjang melalui tes laboratorium yang lebih detail dapat diketahui pencetus terjadinya kondisi diare dan metode penanganan yang sesuai.

Setidaknya ada lima hal penting dalam diare pada anak:

1.Memberi lebih banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.

2.Suplementasi zinc untuk mempercepat penyembuhan.

3.Tetap memberikan makanan.

4.Kontrol bila tidak membaik dalam 3 hari atau BAB terjadi  lebih

sering, muntah terus menerus, anak tampak haus, demam atau tinja

berdarah.

5.Memberikan oralit

Apabila anak mendapat susu formula, sementara dapat diganti dengan susu formula yang rendah atau tidak mengandung laktosa dan sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak dan memeriksakan tinjanya agar lebih tepat dan akurat. Demikian bu, semoga Ananda sehat selalu, salam. (RS)

dr Retno Saraswati, SpA, Mkes

Spesialis Kesehatan Anak di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement